Ehtesab, Aplikasi Paling Diminati setelah Taliban Berkuasa

Sabtu, 18 September 2021 - 11:00 WIB
loading...
Ehtesab, Aplikasi Paling Diminati setelah Taliban Berkuasa
Pengguna Ehtesab langsung melonjak 5.000 orang setelah Taliban menguasai Afghanistan. Foto/New York Post.
AFGHANISTAN - Aplikasi seluler Ehtesab saat ini tengah diminati oleh warga Afghanistan setelah Taliban berkuasa di negara itu. Jumlah pengguna aplikasi itu melonjak drastis ketika kondisi Afghanistan terutama di kota Kabul semakin tidak menentu setelah dikuasai oleh Taliban awal Agustus lalu.

Disebutkan CNN, Ehtesab pertama kali dibuat tiga tahun lalu. Awalnya Ehtesab merupakan aplikasi yang berisi informasi real-time di Kabul seperti kondisi kemacetan, keramaian, peristiwa kriminal hingga berbagai acara penting yang terjadi di Ibu Kota Afghanistan itu.

Semuanya berubah ketika Taliban berhasil mengambilalih pemerintahan Afghanistan. Ehtesab kemudian beralih fungsi menjadi aplikasi informasi real-time tentang kondisi kritis Kabul. Berbagai informasi gawat darurat seperti aksi terorisme, tindak kejahatan hingga demonstrasi tampil di Ehtesab.

Baca juga : Rumitnya Mengubah Mobil Biasa jadi Mobil Listrik di Malaysia



Dari informasi yang terkumpul itu pengguna Ehtesab bisa menerima berbagai panduan yang harus mereka lakukan dalam merespons kondisi yang tengah terjadi. Misalnya saat terjadi ledakan bom ganda di bandar udara Hamid Karzai beberapa waktu lalu.

Ehtesab, Aplikasi Paling Diminati setelah Taliban Berkuasa


Saat itu Ehtesab mengunggah informasi real-time dengan mengandalkan berita-berita yang diberikan dari masyarakat yang ada di lokasi kejadian. Mereka memberikan titik-titik yang harus dihindari serta tempat perlindungan terbaik pasca ledakan bom itu.

"Tujuan utama dari aplikasi ini adalah menyediakan informasi yang utuh kepada masyarakat dalam upaya mereka mendapatkan akses ke berbagai bidang mulai dari makanan, keuangan hingga transportasi," ujar Sara Wahedi, pendiri Ehtesab.

Lulusan Columbia University itu mengatakan saat ini tingkat kekhawatiran yang ada di masyarakat Kabul memang sangat tinggi. Informasi yang diberikan Ehtesab diharapkan mampu mengurangi kekhawatiran mereka melalui panduan dan informasi yang utuh mengenai berbagai kejadian yang ada di Kabul. Tidak heran jika saat ini pengguna Ehtesab melonjak drastis. Agustus lalu mereka langsung mendapat 5.000 pengguna baru.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE