Awas, Jangan Termakan Jebakan Betmen Situs Palsu PeduliLindungi

Selasa, 14 September 2021 - 10:06 WIB
loading...
Awas, Jangan Termakan Jebakan Betmen Situs Palsu PeduliLindungi
Beberapa waktu lalu beredar situs pedulilindugia.com yang namanya mirip dengan platform milik pemerintah. Foto/dok
JAKARTA - Beberapa waktu lalu beredar situs pedulilindugia.com yang namanya mirip dengan platform milik pemerintah dan data mereka yang mengakses bocor ke publik. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan bahwa situs tersebut palsu dan sudah menonaktifkannya.

Melalui postingan Instagram, Kemenkominfo menyatakan bahwa situs tersebut palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan PeduliLindungi.id.

BACA: Data Pengguna e-HAC Diduga Bocor, Kemenkes: Tidak Terkait di PeduliLindungi

Situs palsu tersebut tidak ada hubungannya dengan upaya pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun. Oleh sebab itu, aksesnya telah diputus oleh Kemenkominfo.



" Kementerian Kominfo telah memutuskan akses terhadap situs pedulilindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id," tulis Kemenkominfo.

Pemerintah sendiri menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo no. 171 tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beserta perubahannya.

BACA JUGA: Ini Kubus Uranium Hitler yang Bisa Menghapus Inggris dari Peta

Untuk itu pihak Kemenkominfo menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi Peduli Lindungi di App Store dan Google Play Store.
(ysw)
preload video
Komentar Anda