Punya Robot Vacum Cleaner Bisa Nyapu Bisa Ngepel, tapi Masih Mahal Ya

Minggu, 05 September 2021 - 21:05 WIB
loading...
Punya Robot Vacum Cleaner Bisa Nyapu Bisa Ngepel, tapi Masih Mahal Ya
Avaro mengenalkan Robotic Home Assistant dengan banderol Rp5,5 juta dan Rp2,5 juta. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kegiatan bersih-bersih ruangan sekarang sudah tergantikan dengan adanya perangkat robotik yang semakin marak di pasaran.

Produk-produk robotik sekarang sudah semakin mudah di dapatkan. Hanya dengan beberapa klik di toko online, pengguna bisa mendapatkan robot yang bertugas untuk membersihkan rumah.



Ini terjadi karena dua hal. Pertama, karena perkembangan produk-produk Internet of Things (IoT) yang berbasis Artificial Intelligent (A.I) sudah sangat cepat. Pabrikan teknologi berupaya merilis produk-produk inovatif yang relevan untuk kebutuhan konsumen.

Kedua, konsumen sudah semakin terbiasa untuk mencoba dan menggunakan produk-produk canggih. Mereka memakai air purifier yang terhubung ke smartphone, kulkas yang terkoneksi di ponsel, Smart TV untuk streaming, hingga mengakses mesin cuci lewat aplikasi.

Termasuk juga ini: robot pembersih. Yang berfungsi sebagai vacuum cleaner, yang diklaim bisa membersihkan lantai dari virus dan bakteri.

Untuk siapa produk robotik ini? Yang jelas bukan untuk mereka yang memiliki asisten rumah tangga, atau yang anggota keluarganya ramai di rumah.

Ini adalah produk bagi mereka yang mungkin tinggal di apartemen, tapi tidak punya banyak waktu untuk bersih-bersih karena sibuk bekerja atau sibuk beraktivitas di luar ruangan.

Punya Robot Vacum Cleaner Bisa Nyapu Bisa Ngepel, tapi Masih Mahal Ya

Avaro, adalah pendatang baru yang mencoba menawarkan produk Robotic Home Assistant ini. Ada dua model. Yakni Avaro X1 seharga Rp5,5 juta dan Avaro Laser Rp2,5 juta. Memang terbilang mahal sekali. Tapi, apa saja fiturnya?

Avaro mengklaim, teknologi AI bisa membuat robot membaca situasi ruangan/kamar. ”Sensor 360 derajat membuat robot dapat dikendalikan melalui smartphone dari jarak jauh. Lalu, ada intelligent recharge sehingga robot bisa kembali ke docking station untuk melakukan pengisian daya secara otomatis,” kata Gunadi Selaku Sales Manager Avaro.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2697 seconds (0.1#10.140)