5 Tips Aman Berbelanja Online di 2021

Sabtu, 04 September 2021 - 21:25 WIB
loading...
5 Tips Aman Berbelanja Online di 2021
Shopee kembali ingin menekankan pentingnya transaksi online secara aman dan nyaman sebagai hal yang tidak boleh luput dari perhatian pelanggan. Foto: dok Shopee
JAKARTA - Meski sudah jadi kebiasaan yang dekat dengan pengguna e-commerce, ada beberapa hal yang tak boleh luput dari perhatian saat bertransaksi online. Terutama di Hari Pelanggan Nasional hari ini, Sabtu (4/9). Nah, berikut tipsnya:

1. Jangan pernah berikan OTP ke siapapun

Kode OTP adalah kunci kedua yang tak kalah pentingnya dari password akun seseorang.

BACA JUGA: Harga Wuling September 2021 Setelah Subsidi PPnBM



One Time Password atau OTP adalah kunci akses unik yang dibuat secara otomatis oleh sistem ketika ingin masuk ke akun di situs atau aplikasi online. Dengan kata lain, OTP adalah pelindung akun pribadi.

Sejatinya OTP adalah password yang harus dirahasiakan dan tidak boleh dibagikan ke siapapun. Tidak akan ada pihak yang meminta OTP. Jika ada pihak yang mengatasnamakan entitas atau aktivitas tertentu dan menanyakan OTP, maka patut dicurigai.

2. Ganti password secara berkala

Pastikan password di setiap akun online berbeda, dan usahakan menggantinya secara berkala. Ini akan menjadi perlindungan pertama jika salah satu aplikasi diretas, agar menjaga data-data yang tersimpan dalam aplikasi lainnya tetap aman.

3. Aktifkan verifikasi dua langkah

Mengaktifkan verifikasi dua langkah menjadi pengaman ganda saat oknum penjahat mencuri data. Apabila mengaktifkan fitur keamanan ini, sebuah akun akan mendapatkan tambahan kunci akses selain password untuk dapat diakses.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE