Apjatel: Keamanan Siber Jadi Bagian Hak Asasi Manusia

Kamis, 02 September 2021 - 18:12 WIB
loading...
Apjatel: Keamanan Siber Jadi Bagian Hak Asasi Manusia
Konektivitas internet dan meningkatkan keamanan siber pada dasarnya harus dilihat sebagai hak asasi manusia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Keamanan internet di masa pandemi ini menjadi isu yang penting, khususnya di Indonesia.

Mengingat dunia digital telah menghubungkan lebih dari separuh umat manusia di dunia, konektivitas internet dan meningkatkan keamanan siber pada dasarnya harus dilihat sebagai hak asasi manusia.



"Upaya penyediaan dan perluasan akses internet harus menggunakan pendekatan berdasarkan nilai dan prinsip HAM yang komprehensif sebagaimana dinyatakan dalam laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa," ujar Ketua Bidang Humas Apjatel Anna Roos Diana, dikutip dari laman Southeast Asia Internet Governance Forum (SEAIGF), Kamis (2/9).

Dalam hal ini, peran pemerintah dan pemangku kepentingan sangat diperlukan sebagai upaya penyediaan dan perluasan akses internet dengan menggunakan pendekatan berdasarkan nilai dan prinsip tersebut.

Sebagai contohnya adalah Common Room dalam menginisiasi internet di daerah terpencil guna pengentasan literasi digital di Indonesia dengan community network.

Common Room mengusahakan agar internet komunitas dapat berintegrasi secara legal dan didukung oleh kebijakan-kebijakan pemerintah. Dengan menjalankan prinsip 5L yaitu:

â—Ź Low tech: mudah digunakan

â—Ź Low energy; teknologi yang hemat energi

â—Ź Low maintenance: infrastruktur internet yang mudah dirawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3246 seconds (0.1#10.140)