Waspada Penipuan SMS, Begini Modus dan Cara Mengatasinya

Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:02 WIB
loading...
Waspada Penipuan SMS, Begini Modus dan Cara Mengatasinya
Foto/dok
A A A
LONDON - Pandemi Covid-19 yang begitu panjang memaksa masyarakat untuk melakukan pembelian melalui toko online. Kondisi ini dimanfaatkan para scammers untuk melakukan penipuan melalui pengiriman SMS yan memberitahu barang Anda sudah terkirim.

Dilansir BBC News, Selasa (17/8/2021), tiga dari lima dari orang pemilik ponsel mendapatkan SMS penipuan dari perusahaan pengiriman palsu selama setahun terakhir. Pesan sering kali berisi tautan yang membawa Anda ke situs web scam.



Adam French adalah editor senior hak-hak konsumen di Inggris mengatakan tidak mungkin Anda dapat menghentikan scammers mengirimi Anda SMS. "Mereka melacak nomor ponsel Anda menggunakan pot-luck," katanya kepada Radio 1 Newsbeat.

"Kami memasang empat ponsel baru, nomor telepon yang belum pernah digunakan di mana pun sebelumnya, dan dua di antaranya masih menerima SMS penipuan ini. Mereka mengirim pesan teks ini ke nomor telepon sebanyak mungkin dan berharap salah satu dari mereka lengah," katanya.

Untungnya, 79% dari mereka yang mendaatlan SMS penipuan ini mengetahui bahwa pesan itu palsu. Tetapi beberapa masih menjadi korban penipuan ini dan 3% orang mengatakan mereka kehilangan uang karena penipuan ini.

Satu pasangan muda kehilangan semua tabungan mereka karena teks penipuan Royal Mail tahun lalu. Tom dan Freyja Cuff, dari Frome, Somerset, menerima SMS tentang pengumpulan parsel yang akhirnya menyebabkan rekening bank mereka dikosongkan sebesar £2.500.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tidak menjadikorban penipuan modus ini.

Lakukan tindakan pencegahan, sederhananya jangan pernah klik tautan dalam pesan teks yang dikirim oleh penipu. Adam mengatakan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah benar-benar melihat URL di dalam pesan teks.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3072 seconds (0.1#10.140)