Panggilan Suara dan Video Facebook Messenger Kini Dukung Enkripsi End-to-End

Minggu, 15 Agustus 2021 - 22:02 WIB
loading...
Panggilan Suara dan Video Facebook Messenger Kini Dukung Enkripsi End-to-End
Facebook meningkatkan fitur keamanan yang ada di Messenger. Foto/dok
A A A
MENLO PARK - Facebook meningkatkan fitur keamanan yang ada di Messenger. Melalui unggahan di blog, platform perpesanan tersebut mengungkap telah menggulirkan opsi enkripsi end-to-end untuk panggilan video maupun suara.

Sebetulnya fitur end-to-end di Facebook Messenger sudah ada sejak 2016 lalu, namun terbatas hanya untuk pesan teks saja.



Melansir blog resmi Facebook, Minggu (15/8/2021), Facebook menyebut hadirnya fitur ini tidak lepas dari meningkatnya jumlah panggilan video dan suara di tahun lalu.

Raksasa media sosial itu mencatat ada lebih dari 150 juta panggilan video dalam sehari yang dilakukan di Messenger.

Dengan adanya enkripsi end-to-end, Facebook memastikan pesan dan panggilan video yang dilakukan akan lebih aman.

Jadi, tidak ada pihak lain termasuk Facebook yang dapat melihat maupun mendengarkan percakapan tersebut.

"Ini berarti tidak ada orang lain, termasuk Facebook yang dapat melihat atau mendengarkan apa yang dikirim atau dikatakan sesama pengguna," tulis Facebook.



Tidak hanya enkripsi end-to-end di panggilan video dan suara, Facebook Messenger juga meningkatkan kemampuan fitur Disappearing Messages. Kini, pengguna diberi kebebasan mengatur durasi pesan terhapus secara otomatis, mulai dari 5 detik hingga 24 jam.

Ke depannya, Facebook Messenger juga akan mulai menguji coba enkripsi end-to-end untuk chat dan panggilan dalam grup. Lalu, uji coba enkripsi end-to-end secara terbatas juga akan dilakukan pada fitur DM di Instagram di beberapa negara.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5421 seconds (0.1#10.140)