Tencent Digugat Kejaksaan China, Youth Mode di WeChat Penyebabnya

Kamis, 12 Agustus 2021 - 12:14 WIB
loading...
Tencent Digugat Kejaksaan China, Youth Mode di WeChat Penyebabnya
Logo ilustrasi WeChat FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - WeChat bisa jadi berpengaruh besar pada kehidupan digital di Tiongkok, namun itu tak menghentikan pemerintah negara itu untuk menindak perilaku raksasa pesan tersebut.

Baru-baru ini Kejaksaan Beijing mengeluarkan gugatan kepada Tencent karena "Youth Mode" di WeChat, yang dinilai melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak Tiongkok, demikian dikutip dari Engadget, Kamis (12/8/2021)

Youth Mode milik WeChat mencegah pengguna dengan usia yang lebih muda untuk mengakses pembayaran, menemukan teman terdekat, hingga memainkan game tertentu. WeChat menilai bahwa ini merupakan alat kontrol yang efektif untuk orangtua, terhadap aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat China.

Menurut Reuters, gugatan itu tidak merinci bagaimana Youth Mode aplikasi itu melanggar hukum. Tindakan itu muncul beberapa hari setelah surat kabar milik negara China menyebut game online sebagai "candu untuk pikiran."

Gugatan itu merupakan bagian dari tindakan keras dari pemerintah China terhadap perusahaan teknologi terbesarnya dalam beberapa bulan terakhir.

Seperti yang diketahui pada bulan April lalu, otoritas mengenakan denda $2,8 miliar terhadap situs e-commerce China Alibaba karena perusahaan dinilinai menghambat persaingan.

Pada bulan Juli, Administrasi Cyberspace China memerintahkan toko aplikasi untuk menghapus aplikasi perusahaan transportasi online Didi Chuxing dan mmengklaim bahwa perusahaan tersebut mengumpulkan data pribadi pengguna.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)