10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 20:38 WIB
loading...
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021
Sindonews mencari ponsel Xiaomi dan POCO yang memiliki nilai terbaik di rentang harga masing-masing dibanding kompetitornya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Selama 2021, baik POCO dan Xiaomi memang sangat agresif merilis ponsel baru. Tidak hanya entry level dan mid-end, tapi juga flagship.

Nah, Sindonews mencoba membuat daftar produk POCO maupun Xiaomi yang sudah dirilis sampai akhir Juli 2021 berdasarkan value/nilai terbaiknya.


Penilaiannya dilakukan secara subyektif dalam hal eksperiens harian, performa, ketahanan baterai, kamera, desain, serta harga.

Maka, tidak otomatis yang harganya paling mahal dan paling canggih berada di urutan paling atas. Yang terbaik, adalah ponsel yang dianggap Sindonews memiliki best value dari kriteria yang telah disebut di atas. Nah, berikut ulasannya:

10. Xiaomi Redmi Note 10S
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Mengapa ponsel ini di urutan terakhir? Terus terang, karena dalam penggunaan harian Sindonews kurang merasa nyaman dengan performanya. Misalnya untuk ngegame, scrolling medsos, ataupun berpindah-pindah aplikasi.

Selain itu, Xiaomi Redmi Note 10S cukup sering panas saat dipakai. Padahal, sudah menggunakan spesifikasi tertinggi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Entah mengapa, Mediatek Helio G95 (12 nm) seperti kurang cocok di MIUI 12. Faktor lain adalah refresh rate yang masih 60 Hz. Untungnya, layar sudah AMOLED.

Hasil kamera Redmi Note 10S juga kurang konsisten. Pemrosesan warnanya kurang tepat. Terkadang saturasinya meleset. Ketahanan baterai Redmi Note 10S juga cukup standar. Ketika diisi penuh pagi hari, sebelum sore sudah 20 persen. Untungnya, desain ponsel ini cantik. Dengan warna putih dan finishing body belakangnya tidak meninggalkan sidik jari.

9. POCO M3 Pro 5G dan Redmi Note 10 5G
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Kedua ponsel ini bukannya tidak bagus. Performa serta penggunaan hariannya sama sekali tidak ada masalah. Hanya saja, chip 5G termurah Dimensity 700 masih terbilang mahal dibanding chip 4G LTE setara. Dampaknya, harus ada yang dikorbankan. Beberapa spesifikasi harus dipangkas.

Misalnya speaker belum stereo. Karena ponsel Xiaomi lain sudah stereo, bedanya cukup terasa saat ngegame dan nonton film.

Kemudian, layar masih IPS. Xiaomi memang mengakalinya dengan refresh rate 90 Hz. Tapi, karena sudah terbiasa dengan AMOLED, jadi terasa cukup berbeda. Karena menonton YouTube di resolusi 480p di AMOLED tetap terasa nyaman.

Untungnya, Dimensity 700 ini chip yang ciamik. Terasa kencang di kelasnya. Selain itu, desain POCO M3 Pro 5G dan Redmi Note 10 5G terbilang mewah. Begitupun baterai yang relatif aman dipakai seharian.

Bisa dibilang POCO M3 Pro 5G dan Redmi Note 10 5G adalah ponsel ”investasi” atau ”future proof”. Cocok untuk mereka yang ingin jadi yang pertama mencoba jaringan 5G, atau mereka yang tidak ingin membeli ponsel baru dalam waktu yang cukup lama.
Jika jaringan 5G Telkomsel cepat merata, maka pengguna POCO M3 Pro 5G dan Redmi Note 10 5G yang pertama diuntungkan.

8. Xiaomi Redmi 9T
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Bukan yang terbaru, tapi menurut Sindonews Redmi 9T adalah salah satu ponsel terbaik di rentang harganya. Mengapa? Karena dibawah Rp2 juta, sudah memiliki desain kekinian, baterai besar, layar Full HD, serta performa memadai dengan Qualcomm Snapdragon 662 (11 nm). Bahkan, kameranya juga sudah 4 lensa, dengan kombinasi memori cukup besar. Yakni 6GB/128 GB.

Hasil kameranya pun cukup apik, sudah sesuai kelasnya. Ponsel ini punya kembaran POCO M3. Tapi, karena rilis 2020, jadi POCO M3 tidak masuk list. Saran Sindonews, jika punya bujet pas-pasan dibawah Rp2 juta, Redmi 9T adalah pilihan terbaik.

7. Xiaomi Mi 11
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Xiaomi Mi 11 adalah flagship pertama Xiaomi yang dirilis di 2021. Ini ponsel yang sangat perfect di kelasnya. Desainnya unik, tidak seperti brand manapun. Mi 11 adalah ponsel pertama dengan Snapdragon terkencang 888 di 2021. Ngebut abis. Semua game dilibas.

Kameranya juga canggih. Kualitas foto dan videonya sangat baik, soundnya juga sangat bagus. Selain itu, ukurannya juga pas. Tidak terlalu besar, juga tidak berat.

Minusnya, Snapdragon 888 yang dipasang di bodi tipis ini membuat ponsel lebih cepat panas. Ini terasa ketika misalnya kita sedang syuting di bawah sinar matahari. Selain itu, Mi 11 ini belum memiliki sertifikat IP68.

6. Redmi Note 10
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Jika Redmi 9T adalah ponsel terbaik dibawah Rp2 juta, maka Redmi Note 10 merupakan ponsel terbaik dibawah Rp2,5 juta. Mengapa? Karena sudah ditenagai Qualcomm Snapdragon 678. Aman banget untuk performa sehari hari.

Menjalankan game seperti Mobile lagend, PUBG, Call of Duty Mobile lancar, walau tidak “rata kanan”. Belum lagi sensasi layar AMOLED. Bahkan, ini mungkin ponsel termurah yang sudah AMOLED. Sehingga, untuk nonton film, bermain game, nyaman sekali. Speakernya sudah stereo pula. Kameranya juga cukup baik. Sesuai dengan hasilnya. Fitur-fitur di Redmi Note 10 terbilang pas di harganya.

5. Mi 11 Ultra
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Ini bukan hanya salah satu hape flagship terbaik di Indonesia, tapi juga terbaik di dunia. Andalannya, di kameranya. Rasanya tidak perlu lagi membawa kamera mirrorless saat traveling.

Wajar, jika DXOMARK memberi ranking no 1 di kameranya. Ini karena sensor kameranya susah hampir 1 inci, tepatnya 0.89 inci, mirip kamera saku digital. Wajar jika bump di kameranya terasa cukup besar.

Sensor kamera utamanya beresolusi 50 MP. Sementara kamera standar 12 MP F1.95 sudah memiliki Optical Image Stabilizer dan fokus otomatis yang ngebut.

Dampak sensor besar, adalah hasil gambar yang tajam. Juga, shallow depth of field atau bokeh. Tanpa memakai mode Portrait pun, foto jadi bokeh. Belum lagi lensa ultrawide 48 MP yang masih tetap tajam. Tak berbeda dengan action cam.

Lensa zoomnya, bisa mencapai 120X. Xiaomi 11 Ultra adalah ponsel dengan kamera terbaik saat ini. Fitur lainnya, bodi yang dari keramik, berada di level berbeda dibanding kaca dan logam.

Fitur favorit Sindonews adalah fitur 67W fast charging atau wireless charging. Ngecas ponsel bukan lagi jadi beban. Karena 0-100 Cuma stengah jam beres.

Minusnya, memang kamera depannya cukup standar kualitasnya. Itu, karena Mi 11 Ultra memiliki layar 1 inci di penampang kamera belakang. Jadi, selfie pun bisa memakai kamera belakang. Lainnya itu, ponsel ini besar dan cukup berat. Wajar, karena layarnya lebar dan sangat tajam. Sementara semua teknologi dibenamkan disitu.

4. POCO X3 Pro
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

POCO X3 Pro memang layak disebut ponsel killer. Karena, dengan bujet Rp4 juta, pengguna sudah mendapat spesifikasi flagship Qualcomm Snapdragon 860 yang arsitekturnya 7 nm dan GPU Adreno 640. Layarnya IPS LCD sudah 120 Hz. Sehingga nyaman bermain game.

Baterainya juga gede, 5160 mAh, jadi aman untuk penggunaan sehari hari. Hasil kameranya juga ok kok. Minusnya, hanya di desain. Mirip banget dengan POCO X3 NFC. Nyaris tidak ada perubahan.

3. MI 11 Lite
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Ini adalah ponsel Xiaomi tercantik. Ya, desainnya Xiaomi sekarang sudah bagus-bagus, sudah mewah-mewah. Tapi, tidak ada yang secantik Mi 11 Lite.

Bodinya enak digenggam. Tipis. Layarnya hampir simetris. Ringan banget, tipis banget. Tidak akan menonjol ditaro di saku celana jins.
Selain cantik, performanya juga aman. Sudah memakai Snapdragon 732G (8 nm).

Layarnya 6.55 inci ukuran pas, sudah AMOLED, jadi ketajaman warna layarnya buat kita nyaman menonton film maupun bermain game. Refresh ratenya pun sudah 90 Hz.

Cocok untuk yang butuh ponsel mewah tapi harganya tidak mahal. Apalagi untuk kaum hawa. Minusnya hanya tidak ada lobang headphone jack. Lalu, hasil videonya juga cukup standar.

2. Xiaomi Redmi Note 10 Pro
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Pembeli Xiaomi Redmi Note 10 Pro termasuk beruntung. Sebab, ini ponsel dengan kombinasi yang pas. Performanya, kencang, desainnya keren, pilihan warnanya menarik. Digenggamnya juga enak. Hanya beda satu tingkat dibanding Mi 11 Lite.

Layar? sudah AMOLED, 120HZ. Bukan 6.5 inci, tapi 6.67 ini ala ponsel flagship.

Jadi enak buat yang suka nonton di ponsel. Gede layarnya, tapi tetap kompak ukurannya. Karena bezelnya tipis. Apalagi kameranya, sudah 108MP. Hasilnya pun termasuk luar biasa.

Jadi ponsel ini seimbang di semua sektor. Buat yang memiliki bujet Rp4 jutaan tapi ingin ponsel bagus di semua sektor, ponsel ingin sangat direkomendasikan. Jika harus dicari minusnya, mungkin belum mendukung 5G.

1. POCO F3
10 Ponsel POCO dan Xiaomi Paling Best Value Selama 2021

Tidak ada lagi ponsel di rentang harga Rp5 jutaan yang sebaik POCO F3. Dari sisi desainnya, wah banget. Cakep dan detil. Lihat lekukan frame bodinya. Lihat finishing bodi belakangnya. Apalagi warna putihnya, indah.

Layarnya AMOLED, 120HZ, HDR+ dengan tingkat kecerahannya sudah 1300 nits.


Bener-bener rasa flagship. SOCnya memakai Qualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm), mau ngegame atau multitasking lancar jaya.
Kameranya pun kualitasnya sangat baik. Yang jelas, POCO F3 adalah ponsel terbaik yang dirilis di Indonesia, karena memilik value aling tinggi di rentang harganya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)