Pabrik Pengembang Chip iPhone dan Mac Terkontaminasi Gas

Minggu, 01 Agustus 2021 - 23:02 WIB
loading...
Pabrik Pengembang Chip iPhone dan Mac Terkontaminasi Gas
Kontaminasi dilaporkan terjadi di pabrik Fab 18 TSMC, yang merupakan fasilitas pembuatan chip paling canggih. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kontaminasi gas telah melanda salah satu pabrik terpenting di lini produksi Apple, menurut laporan dari Nikkei Asia. Kontaminasi dilaporkan terjadi di pabrik "Fab 18" TSMC , yang merupakan fasilitas pembuatan chip paling canggih.

Sumber Nikkei Asia mengungkapkan bahwa semua prosesor untuk perangkat Mac dan iPhone yang akan datang diproduksi di pabrik TSMC.



“Beberapa jalur produksi TSMC di South Taiwan Science Park menerima gas tertentu dari pemasok yang diyakini terkontaminasi, tapi dengan cepat sudah diganti dengan pasokan gas lainnya," kata TSMC di lokasi, seperti dikutip Tomsguide.com, Minggu (1/8/2021).

Perusahaan mengatakan sedang melakukan quality control untuk memastikan kualitas produk tidak terpengaruh. TSMC mengatakan bahwa kontaminasi tampaknya tidak memiliki "dampak signifikan pada operasi."

Kontaminasi dilaporkan ditemukan pada Kamis malam, hanya sehari setelah perusahaan telah memperingatkan investor tentang potensi masalah pasokan. Karena kekurangan chip yang sedang berlangsung bisa mempengaruhi segala hal mulai dari restock PS5 hingga produksi mobil.



Sejauh ini, Apple berhasil menghindari efek terburuk dari kekurangan chip global. Dan bahkan ketika memperingatkan tentang potensi masalah di sepanjang jalan, CEO Tim Cook ingin menunjukkan bahwa kendala pasokan sebagian besar ada pada "node lama" daripada silikon Apple sendiri.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8479 seconds (0.1#10.140)