Jaringan XL Axiata Jangkau 5.102 Desa di Provinsi Aceh

Selasa, 27 Juli 2021 - 06:05 WIB
loading...
Jaringan XL Axiata Jangkau 5.102 Desa di Provinsi Aceh
Trafik penggunaan layanan data terus tumbuh sekitar 138% dalam dua tahun terakhir di seluruh wilayah Aceh. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - Trafik data di seluruh area Provinsi Aceh terus meningkat. Karenanya, PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) juga terus memperkuat jaringan di wilayah tersebut.

Di Provinsi yang berada di ujung barat Pulau Sumatera itu, saat ini jaringan XL Axiata telah menjangkau 193 kecamatan atau 68% dari keseluruh kecamatan yang ada di 23 kota/kabupaten, serta menjangkau total 5.102 desa atau 73% dari desa yang ada.



Penguatan jaringan dilakukan baik untuk meningkatkan kualitas layanan di area yang sudah ada, juga perluasan ke area-area baru. Termasuk di pulau-pulau sekitar.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, trafik penggunaan layanan data terus tumbuh sekitar 138% dalam dua tahun terakhir di seluruh wilayah Aceh.

”Kami memperluas jaringan di semua area, termasuk di pedalaman, seperti Aceh Tengah, Naga Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah, karena keberadaan layanan data dan telekomunikasi di sana sangat penting untuk mendukung perekonomian masyarakat.

Dalam setahun terakhir ada penambahan BTS kurang lebih 73 BTS 4G di seluruh provinsi,” ujar Desy. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, peningkatan trafik tertinggi terutama terjadi di wilayah Bireuen, Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh. Di ketiga area itu, trafik meningkat antara 105 % hingga 154%. Karena itu, penguatan jaringan juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Khusus area Kabupaten Pidie telah dilakukan penambahan 38 BTS 4G. Menurutnya, pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka.

Selain itu, jumlah pelanggan di seluruh wilayah Aceh juga terus bertambah, di mana saat ini tercatat lebih dari 325 ribu pelanggan.

Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Aceh, XL Axiata total mengoperasikan lebih dari 1.850 BTS, termasuk sekitar 825 BTS 4G dan 635 BTS 3G.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)