LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

Kamis, 15 Juli 2021 - 14:15 WIB
loading...
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya
LG TONE Free HBS-FN6 Bluetooth Wireless Stereo Earbuds memiliki case seperti kue macaron yang manis, dengan fitur berlimpah. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mungkin tidak ada yang menyangka jika LG punya produk True Wireless Stereo (TWS). Dan bakal mengagetkan jika kualitas dan fiturnya adalah yang terbaik di kelasnya.

LG TONE Free HBS-FN6 Bluetooth Wireless Stereo Earbuds dibanderol Rp1,5 jutaan. Di kelasnya, TWS ini punya banyak pesaing. Tapi, entah kenapa, Sindonews seperti menemukan jodoh yang sudah lama dicari ketika memakai earphone ini. Nah, berikut alasannya:

Desain
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

Casing LG TONE Free FN6 berbentuk bulat pipih dan mungil seperti kue macaron yang manis. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian

Sindonews memiliki bentuk telinga spesifik. Sehingga tidak bisa memakai aneka desain TWS dalam waktu terlalu lama (maksimal 1 jam). Karena lebih dari itu telinga jadi sakit dan pegal.

Tapi, entah mengapa itu tidak berlaku untuk LG TONE Free FN6. Ini adalah TWS pertama yang tetap nyaman saat dipakai lebih dari satu jam. Disini LG TONE Free FN6 sudah dapat poin plus.

Distribusi bobotnya pas, earphone seperti tidak terasa sedang dipakai. Medical-grade (kelas medis) ears gels yang fleksibel, mampu menyesuaikan bentuk telinga. Terbuat dari silikon tidak beracun dan bersifat hipoalergenik. Jadi tidak masalah dipakai sepanjang hari.

Bentuk desain close in-ear fit juga memberi sekat untuk membantu memblokir kebisingan di sekitar, bahkan saat fitur Noise Cancelling tidak aktif.

Ukuran Ringkas
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

Earbud LG TONE Free FN6 dirancang agar pas dan nyaman di telinga.

Hal terbaik kedua dari LG TONE Free FN6 adalah ukuran yang ringkas, ramping, dan minimalis. Bentuk earbuds-nya mewah dan elegan sekali. Sedangkan case-nya mungil, bentuknya mirip kue macaron yang sangat manis dan warna-warni.

Yang sedang dipakai Sindonews hitam elegan. Tapi, ada opsi warna putih. Juga, aksesoris casing aneka warna seperti Lemon, Mint, Pistachio, Raspberry, dan Strawberry. Bisa-bisa sulit dibedakan dengan kue macaron beneran.

Sindonews suka sekali dengan desain minimalis dan ringan ini. Membuat LG TONE Free FN6 tidak pernah absen dari pouch/sling bag kecil. Bahkan sekadara untuk ke Indomaret sekalipun.

Kemudahan Konektivitas
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

Konektivitas/pairing TWS ke ponsel sering jadi PR. Ada beberapa TWS yang susah dihubungkan ke smartphone. Tapi, proses konektivitas LG TONE Free FN6 supersederhana.

Automatic Ear Detection membuat LG TONE Free FN6 otomatis aktif begitu dikenakan di telinga.

Tekan tombol di case dan di earbuds. Pastikan Bluetooth di ponsel menyala. Dalam beberapa detik, ikon LG TONE Free FN6 langsung muncul di layar ponsel. Tinggal sentuh tombol “connect”. Selesai.

Aplikasi Tone Free
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

TWS dengan dukungan software tambahan selalu jadi nilai plus. Karena tidak semua memilikinya. Software Tone Free membuat kita bisa melakukan beragam kustomisasi. Asyik sekali. Cocok untuk mereka yang suka ngulik.

Kustomisasi bisa dilakukan dari kadar noise cancelling, notifikasi, juga opsi preset dari Meridian. Ada 4 preset yang bisa dipilih yang disempurnakan dengan Headphone Spatial Processing (HSP) Meridian.

Immersive, untuk bermain game dan nonton film. Natural menghasilkan suara seimbang. Bass Boost cocok untuk musik hip hop atau elektronik. Sedangkan Treble Boost relevan untuk vokal, jazz, dan klasik.

Kualitas Suara
Sindonews sempat menyebut Meridian. Apa itu? Meridian adalah perusahaan perintis High Resolution Audio dan Master Signal Processing (DSP). Sudah ada sejak 40 tahun lalu.

Dengan suara yang dirancang oleh Meridian, TONE Free HBS-FN6 menghadirkan audio yang jelas dan spasial.

Teknologi Headphone Spatial Processing (HSP) milik Meridian memungkinkan suara spatial di earbuds yang mungil. HSP mensimulasikan suara panggung yang realistis. Misalnya, kita bisa mendengar dimana posisi drummer, gitaris, juga vokalis lewat soundstage realistis.

Unit driver 6 mm dibuat khusus untuk menghasilkan vokal jernih dan bass yang tebal Ini yang membuat LG TONE Free HBS-FN6 terasa unggul dibanding kompetitornya.

Kejernihan Panggilan
Sindonews sudah sering sekali menggunakan LG TONE Free HBS-FN6 untuk melakukan video call atau konferensi Zoom. Hasilnya sangat memuaskan. Mikrofon ganda terasa jernih. Echo Cancellation dan Noise Reduction bisa meminimalkan kebisingan di tempat ramai.

Ambient Sound Mode
Mode ini berguna saat perlu melakukan percakapan singkat, mendengarkan pengumuman di transportasi umum, atau menyeberang jalan. Suara dari luar akan tetap terdengar, sehingga membuat penggunanya tetap waspada.

18 Jam, Fast Charging, Wireless Charging
LG Punya TWS LG TONE Free FN6, dan Mungkin Ini yang Terbaik di Kelasnya

Sekali pengecasan, LG TONE Free FN6 mengklaim mencapai 18 jam. Yakni 6 jam pemutaran di earbud dan 12 jam setelah di charge di casingnya. Dalam pemakaian harian, Sindonews bisa menggunakannya seharian.

Menariknya lagi, sudah dilengkapi fast charging. 5 menit pengisian daya bisa dipakai 1 jam play time. Selain itu, juga sudah dilengkapi wireless charging. Cukup letakkan earbud di atas bantalan pengisi daya.

UVnano Charging Case
LG membawa LG TONE Free FN6 ke next level lewat teknologi UVnano Charging Case. Casing pengisi daya-nya, diklaim bisa membunuh 99,9% bakteri pada mesh speaker, ini penting di era pandemi seperti sekarang.

IPX4
Rating IPX4 membuat LG TONE Free FN6 terlindungi dari percikan air dari segala arah, saat berkeringat ketika berolahraga atau berjalan di tengah hujan. Pengguna bisa mendengar di tengah hujan atau cuaca cerah.

Harga dan Kesimpulan
LG TONE Free FN6 memiliki harga ritel Rp1.499.000, tapi di toko online sudah banyak yang menjual harga lebih terjangkau. Kesimpulannya, sejauh ini dari harga dan fitur yang diberikan, LG TONE Free FN6 adalah TWS yang terbaik yang pernah digunakan Sindonews.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6692 seconds (0.1#10.140)