Waspada Bug Jika Ponsel Anda Memakai Jaringan WiFi dengan Simbol Ini

Senin, 05 Juli 2021 - 13:23 WIB
loading...
Waspada Bug Jika Ponsel Anda Memakai Jaringan WiFi dengan Simbol Ini
Seorang peneliti keamanan telah menemukan bahwa jaringan Wi-Fi tertentu dengan simbol persen (%) dapat menonaktifkan WiFi di iPhone dan perangkat iOS lainnya. Foto/The Verge
A A A
JAKARTA - Seorang peneliti keamanan telah menemukan bahwa jaringan WiFi tertentu dengan simbol persen (%) dinamanya dapat menonaktifkan WiFi di iPhone dan perangkat iOS lainnya.

Melalui akun twitternya, Carl Schou mengatakan bahwa jika iPhone berada dalam jangkauan jaringan bernama %secretclub%power, perangkat tidak akan dapat menggunakan WiFi atau fitur terkait.

BACA: 6 Bulan Tenggelam di Danau, iPhone 11 Masih Bisa Berfungsi

Bahkan setelah Anda mengatur ulang pengaturan jaringan, bug dapat terus membuat WiFi pada perangkat tidak dapat digunakan.

Dilansir The Verge, Senin (5/6/2021), beberapa minggu yang lalu, Schou dan grup nirlabanya, Secret Club, yang merekayasa balik perangkat lunak untuk tujuan penelitian.

Dia menemukan bahwa jika iPhone terhubung ke jaringan dengan nama SSiD %p%s%s%s%s %n itu akan menyebabkan bug di tumpukan jaringan iOS yang akan menonaktifkan WiFi-nya. Fitur jaringan sistem seperti AirDrop akan menjadi tidak dapat digunakan.

BACA JUGA: Banyak Tenaga Medis yang Sudah Disuntik Vaksin Sinovac Meninggal karena Covid-19

Carl Schou telah menghubungi Apple untuk melihat apakah celah itu diperbaiki dan akan memperbarui jika kami mendengar kabar dari mereka. Tetapi seperti yang dicatat Mac 9to5, bug tersebut kemungkinan dapat dihindari dengan tidak menghubungkan ke jaringan WiFi dengan simbol persen di namanya.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (11.210#12.26)