Hati-Hati! Modus Pembajakan WhatsApp dengan Mengaku sebagai Kasir Minimarket

Minggu, 04 Juli 2021 - 09:02 WIB
loading...
Hati-Hati! Modus Pembajakan WhatsApp dengan Mengaku sebagai Kasir Minimarket
Ilustrasi pengguna WhatsApp. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ada beragam modus kejahatan siber yang mengancam masyarakat saat ini. Para pelakunya mencoba berbagai cara, demi bisa mengecoh calon korban.

Modus kejahatan baru yang belakangan ini banyak digunakan adalah pembajakan WhatsApp dengan mengaku sebagai kasir minimarket.

Jadi, pelaku mengirimkan pesan WhatsApp kepada calon korban, berpura-pura salah mengirimkan kode voucher game.

Pelaku kemudian meminta calon korban mengirim balik 6 angka kode voucher game tersebut melalui SMS.

"Maaf ganggu, Kak. Kami dari kasir minimarket minta tolong sebentar. Tadi ada pelanggan kami salah input nomor, SMS-nya terkirim ke nomor Kakak. SMS dari WhatsApp yang ada tulisan Thailand-nya, Kak. Karena ada kode 6 angka untuk voucher game Fishinggo. Bisa dikirim balik SMS-nya, Kak," kurang lebih begitu isi pesan penipuannya.

Jika mendapat pesan tersebut, diimbau untuk tidak membalasnya. Sebab, SMS yang berisikan 6 angka tersebut merupakan kode verifikasi WhatsApp . Pelaku berupaya mendapatkan akun calon korban.

"Jangan kamu balas dan jangan berikan kode apapun kepada mereka. Ini adalah upaya penipuan untuk mendapatkan akses WhatsApp kalian," tegas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di akun Instagram resminya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)