Surge Targetkan 580 Edge Data Center Berdiri di Tahun 2021

Sabtu, 03 Juli 2021 - 20:05 WIB
loading...
Surge Targetkan 580 Edge Data Center Berdiri di Tahun 2021
Surge saat ini tengah dalam persiapan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa. Foto/dok
A A A
JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital atau Surge , saat ini tengah dalam persiapan pembangunan ribuan edge data center yang akan disebar di sepanjang Pulau Jawa.

Mengusung konsep edge data center atau yang mendekati lokasi pengguna akhir, ribuan data center ini akan berdiri di sejumlah stasiun kereta api dan gudang-gudang Koperasi Unit Desa (KUD) yang tersebar di pelosok Pulau Jawa.



Dua lokasi pertama edge data center Surge, yakni Stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang, akan mulai beroperasional pada bulan Agustus 2021. Sebagai tahap awal, perseroan menargetkan untuk menghadirkan 580 edge data center hingga akhir 2021.

CEO Surge , Hermansjah Haryono, mengatakan bahwa tumbuhnya startup, geliat entrepreneurship, maupun pertumbuhan ekonomi digital, tidak terlepas dari dukungan konektivitas maupun infrastruktur digital lainnya.

"Didukung ekosistem Surge seperti kabel fiber optic berkapasitas besar sepanjang rel kereta api, dan ribuan lokasi gudang hasil kolaborasi dengan INKUD yang tersebar di pelosok Pulau Jawa, edge data center Surge akan hadir lebih dekat di tengah masyarakat," kata Hermansyah.

Perluasan kerja sama fiber optic dengan PT KAI maupun digitalisasi INKUD ini, akan mendayagunakan lokasi-lokasi stasiun maupun gudang menjadi edge data center sebagai Point of Presence (POP).



Terdiri dari 580 stasiun kereta dan 1000 gudang KUD, edge data center Surge akan memiliki dua tipe ukuran, yakni 2x3 meter maupun 4x6 meter, berisikan ruang data dengan total kapasitas 2-20 rack (rak server) serta kapasitas total daya listrik 100 kWh - 300 kWh.

Pembangunan edge data center klasifikasi Tier 2 ini akan memiliki sumber daya cadangan yang dilengkapi generator backup dan Uninterruptible Power Source (UPS) atau pasokan daya listrik tanpa gangguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)