Cara Download dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Biar Pas Masuk Dompet

Sabtu, 03 Juli 2021 - 15:10 WIB
loading...
Cara Download dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Biar Pas Masuk Dompet
Sertifikat dilengkapi sejumlah informasi pribadi, seperti keterangan nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, serta kode QR. Foto/Tokopedia Blossomstore
A A A
JAKARTA - Masyarakat yang bepergian di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diharuskan melampirkan sertifikat vaksin covid 19 untuk bepergian jarak jauh. Aturan ini berlaku mulai 3 hingga 20 Juli 2021 di wilayah Jawa dan Bali.

Sertifikat vaksin covid-19 merupakan bukti yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Pasalnya, vaksin covid-19 memiliki dua tahap penyuntikan.



Sertifikat dilengkapi sejumlah informasi pribadi, seperti keterangan nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, serta kode QR.

Jika terpaksa bepergian di masa PPKM Darurat, tenang saja. Ada cara mudah untuk mengecek, download, dan cetak sertifikat vaksin covid-19.

1. SMS

Peserta yang telah menjalani vaksin covid-19, baik tahap pertama atau kedua akan menerima SMS dari nomor 1199. Berisi tautan ke sertifikat vaksin yang juga ada di laman Peduli Lindungi.

Cara mengunduh sertifikat:

Klik menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban Chrome. Pilih tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. File akan terunduh, klik Open untuk membuka file.

Untuk mencetak sertifikat, klik Menu, pilih Share pada bagian dropdown menu, pilih Print pada kotak pilihan yang muncul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)