Microsoft Menantang Model Bisnis Apple Lewat Windows 11

Jum'at, 25 Juni 2021 - 11:01 WIB
loading...
Microsoft Menantang Model Bisnis Apple Lewat Windows 11
Microsoft baru saja merilis Windows 11, perombakan sistem operasi besar pertamanya sejak 2015. Foto/dok
REDMON - Microsoft baru saja merilis Windows 11, perombakan sistem operasi besar pertamanya sejak 2015. Salah satu perubahan besar di Windows 11 yakni Windows Store baru yang memungkinkan pengembang software menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi mereka sendiri.

Ini juga akan memungkinkan pengguna menemukan dan menjalankan aplikasi seluler Android di laptop dan PC mereka, berkat bantuan teknologi dari Amazon dan Intel ini.

BACA: Microsoft Setop Layanan Internet Explorer Mulai Juni 2022

Kendati demikian, langkah tersebut bertentangan dengan pendekatan keamanan Apple, di mana pembuat iPhone itu hanya mengizinkan pengguna mengunduh perangkat lunak dari App Store.



Apple juga memberlakukan kontrol pada pengembang perangkat lunak, termasuk persyaratan untuk menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple dan membayar komisi hingga 30%.

Kebijakan ini juga menantang Google yang juga membebankan biaya komisi bagi para developer di Play Store, demikian dikutip dari Reuters, Jumat (25/6/2021)

Seperti yang diketahui, kepopuleran Windows selama bertahun-tahun telah diambil alih oleh Apple dan Google, meski demikian Microsoft masih kuat di pasar korporat.

BACA JUGA: Astronom Deteksi Komet Sepanjang 130 Kilometer Akan Melintas

Perusahaan baru-baru ini juga memotong komisi pada game yang dijual melalui toko menjadi 12%, lebih rendah dari 15% yang ditetapkan pada aplikasi biasa, dan telah menjadi kritikus vokal dari App Store Apple.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE