TikTok Tambahkan Fitur Aplikasi Mini di Video Para Kreator

Rabu, 23 Juni 2021 - 07:24 WIB
loading...
TikTok Tambahkan Fitur Aplikasi Mini di Video Para Kreator
Beberapa bulan belakangan ini TikTok sudah mulai mengimplementasikan fitur berupa aplikasi mini yang mereka sebut Jumps. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Media sosial berbasis video, TikTok kini marak digunakan berbagai kalangan di dunia. Dari video menari diiringi alunan musik bawaan aplikasi sampai video edukasi tentang sistem tata surya. Semua jenis video bisa ditemukan di TikTok.

Suksesnya TikTok berasal dari formatnya yang memanjakan pengguna, dengan orientasi video portrait yang mengikuti bentuk gawai dan durasi pendek membuat pengguna aplikasi sulit keluar dari tontonan video-video menarik.



Dengan kesuksesan yang mereka capai, TikTok butuh inovasi baru dalam aplikasinya untuk terus menarik para pengguna, baik penonton maupun kreator.

Beberapa bulan belakangan ini TikTok sudah mulai mengimplementasikan fitur berupa aplikasi mini yang mereka sebut Jumps. Dengan fitur ini para kreator bisa menyisipkan aplikasi-aplikasi pihak ke-tiga yang bisa diakses para penonton untuk membaca atau mencari lebih jauh informasi yang disampaikan di video.

The Verge mencontohkan sebuah video masak yang diunggah seorang kreator dimana Dia menyisipkan sebuah aplikasi bernama Whisk, aplikasi tempat mengunggah resep yang bersangkutan dengan masakan yang dibuat oleh sang kreator video.

Tombol Jumps ini akan muncul di sebelah kiri bawah layar di atas nama kreator video, sama seperti indikator filter atau efek yang selama ini sudah sering digunakan.



Nantinya, TikTok akan menyediakan beberapa aplikasi seperti Whisk, Wikipedia, Tabelog, dan juga memperbolehkan beberapa situs besar seperti BuzzFeed untuk membuat Jumps-nya sendiri.

Selain itu, setelah sukses diluncurkan, rencananya Jumps akan dibuka untuk umum dimana semua developer aplikasi bisa mencoba membuat Jumps sendiri, dan jika pihak TikTok menganggap aplikasinya bermanfaat, Jumps buatan komunitas itu akan diresmikan oleh TikTok.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)