Jaringan 5G Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Keuntungan Pakai Ponsel 5G

Sabtu, 19 Juni 2021 - 20:05 WIB
loading...
Jaringan 5G Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Keuntungan Pakai Ponsel 5G
Teknologi 5G menjanjikan kecepatan berselancar lebih cepat dibandingkan 4G yang ada hingga saat ini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Indonesia sudah memasuki era 5G. Meski belum masif, tetapi dua operator seluler Tanah Air sudah resmi meluncurkan jaringan 5G pada layanannya di lokasi tertentu.

Teknologi jaringan kelima itu memang hal yang baru di Indonesia. Tak seperti negara-negara besar lainnya, yang sudah menggunakan 5G lebih dulu.



Namun, berbagai produsen smartphone yang menyasar pasar Tanah Air sudah lebih dulu menyiapkan produk 5G miliknya.

Hingga saat ini, sudah ada berbagai pilihan merek dan model smartphone dengan dukungan 5G yang bisa dibeli konsumen.

Teknologi 5G menjanjikan kecepatan berselancar lebih cepat dibandingkan 4G yang ada hingga saat ini, serta pendahulunya.

Meski begitu, rasanya tak perlu terburu-buru mengganti smartphone 5G. Sebab, seperti disinggung sebelumnya, layanan 5G belum tersebar secara masif di Indonesia.



Terlebih, mengingat koneksi 4G saja masih belum merata di Indonesia. Masih ada sejumlah daerah yang sulit menikmati 4G. Maka dari itu, pemerintah terus menggalakkan program pemerataan 4G di Tanah Air.

Di luar hal itu, tetap ada manfaat bagi pengguna smartphone 5G di Indonesia. Berikut ini beberapa keunggulan pengguna smartphone di jaringan 5G.

1. Mengunduh lebih cepat

Seperti disebutkan sebelumnya, 5G menawarkan internet yang lebih cepat dibandingkan 4G. Tentu proses mengunduh pun akan lebih singkat.

Di atas kertas, jaringan 5G diklaim bisa mengunduh file sebesar 10GB hanya dalam durasi sekitar belasan detik. Kemampuan ini disebabkan oleh kinerja jaringan 5G yang dapat menghasilkan tingkat unduh hingga 20Gbps.

2. Bermain game tanpa lag

Salah satu masalah bagi gamers adalah koneksi yang buruk dan menyebabkan lag. Meski koneksi 4G sudah lancar, tetapi terkadang ada saja momen ketika koneksi down yang mengganggu permainan.



Latensi rendah yang ditawarkan 5G digadang mampu mengatasi masalah tersebut. Smartphone yang telah didukung 5G diklaim bisa lebih memperlancar permainan tanpa kendala lag.

3. Streaming dan video call lebih lancar

Selain bermain game, latensi yang rendah dari 5G juga bisa memaksimalkan smartphone ketika digunakan untuk streaming film atau video, serta saat digunakan video call.

Tentu hal ini sangat bermanfaat di masa pandemik. Sebab, hampir semua aktivitas dilakukan secara virtual yang bisa diakses melalui smartphone.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)