Dari iPhone OS 1 hingga iOS 15, Ini Sejarah Perjalanan Sistem Operasi Milik Apple

Kamis, 10 Juni 2021 - 11:06 WIB
loading...
A A A
iOS 6
Tanggal rilis: 19 September 2012
Fitur utama: Apple mencoba peruntungannya dalam navigasi dengan aplikasi Maps. Namun, Mapas buatan Apple tidak dapat bersaing dengan layanan lain seperti Google Maps atau Waze. Pembaruan perangkat lunak mengintegrasikan Facebook ke kontak dan kalender, dan Passbook yang nantinya akan menjadi Wallet dan menyimpan berbagai item seperti boarding pass atau kartu hadiah.

iOS 7
Tanggal rilis: 18 September 201
Fitur utama: Pembaruan perangkat lunak penting untuk Apple, iOS 7 secara signifikan merombak desain perangkat lunak selulernya. Hadirnya iOS 7 juga menjadi ajang perkenalan untuk AirDrop, cara berbagi informasi dengan cepat antara iPhone, dan fitur iTunes Radio.

Sementara pada kamera menyertakan filter Instagram baru dan pengorganisasian yang lebih baik di aplikasi Foto-nya, sehingga pengguna dapat mengurutkan berdasarkan "momen" atau kerangka waktu. Kendati demikian, iOS 7 ini mengalami masalah besar saat peluncuran seperti baterai yang cepat habis dan masalah koneksi ke Bluetooth dan Wi-Fi.

iOS 8
Tanggal rilis: 17 September 2014
Fitur utama: Disebut-sebut sebagai "rilis terbesar sejak peluncuran App Store," iOS 8 memperkenalkan beberapa fitur anyar termasuk iCloud Photo Library, cara yang lebih mudah untuk berbagi pesan suara atau foto melalui iMessage, pengetikan prediktif untuk keyboard iPhone Apple , dan aplikasi Kesehatan.

Tangkapan layar perangkat lunak iOS 9.
iOS 9
Tanggal rilis: 16 September 2015
Fitur utama: Aplikasi Notes mendapat peningkatan besar dengan kemampuan membuat sketsa di dalam catatan atau membuat daftar periksa yang bagus dengan cepat. Sedangkan untuk aplikasi Maps menambahkan dukungan untuk petunjuk arah transit, dan aplikasi News memulai debutnya. Apple juga merilis Live Photos, yang secara otomatis menangkap cuplikan video saat mengambil gambar. Pembaruan perangkat lunak juga menampilkan pengoptimalan baterai dan mode daya rendah.

iOS 10
Tanggal rilis: 13 September 2016
Fitur utama: iMessage mendapatkan animasi baru seperti 'balon terbang' di layar untuk merayakan ulang tahun, sementara Siri terbuka untuk mendukung aplikasi pihak ketiga saat pengguna membuat permintaan dari asisten suara. Pembaruan juga memperkenalkan aplikasi Home baru untuk mengontrol fitur rumah pintar.

iOS 11
Tanggal rilis: 19 September 2017
Fitur utama: App Store mendapat perubahan besar dan pemilik iPhone menerima dukungan untuk aplikasi augmented reality. Control Center iPhone juga dirombak, dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aplikasi mana yang akan disertakan. iOS baru ini juga menambahkan perekaman pada layar.

iOS 12
Tanggal rilis: 17 September 2018
Fitur utama: Fitur Screen Time ditambahkan pada pembaruan iOS 12, sehingga pengguna dapat melihat berapa banyak waktu yang mereka habiskan di iPhone serta bisa mengatur kapan harus menghentikannya. iOS juga merampingkan pemberitahuan sehingga beberapa peringatan dari aplikasi yang sama dikelompokkan bersama. Ada juga aplikasi Ukur baru untuk mengukur objek dan mode Do Not Disturb untuk menghilangkan notifikasi saat pengguna sedang tidur.

iOS 13
Tanggal rilis: 19 September 2019
Fitur utama: Tidak ada lagi cahaya latar putih yang menyilaukan, karena Apple untuk pertama kalinya memperkenalkan Mode Gelap atau Dark Mode. Aplikasi Maps juga mendapat pembaruan sehingga pengguna dapat melihat lokasi secara 3D. Pembaruan juga menambahkan beberapa alat untuk mengedit foto, seperti mengatur pencahayaan pada gambar.

iOS 14
Tanggal rilis: 16 September 2020
Fitur utama: Pemilik iPhone akhirnya mendapatkan cara untuk menyesuaikan layar beranda mereka dengan pengenalan widget untuk aplikasi. Pengguna juga mendapatkan peringatan dropdown saat menerima panggilan telepon yang tidak akan mengalihkan mereka dari aplikasi yang mereka gunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)