Dari iPhone OS 1 hingga iOS 15, Ini Sejarah Perjalanan Sistem Operasi Milik Apple

Kamis, 10 Juni 2021 - 11:06 WIB
loading...
Dari iPhone OS 1 hingga iOS 15, Ini Sejarah Perjalanan Sistem Operasi Milik Apple
ilustrasi Apple Store. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya yakni iOS 15. OS ini rencananya akan dirilis untuk semua pengguna pada musim gugur atau sekitar September 2021.

Pembaruan iOS kali ini membawa perubahan khususnya untuk privasi, dimana pengguna akan mendapatkan Laporan Privasi Aplikasi dengan ringkasan selama tujuh hari ke belakang, tentang seberapa sering aplikasi mengakses informasi lokasi dan mikrofon atau kamera ponsel.

Sejak memulai debutnya di iPhone generasi pertama 2007 silam, iOS telah banyak mengalami berevolusi dan mendapat banyak peningkatan dari segi fitur dan kegunaan.

Jadi, apa saja yang berubah pada iOS sejak iPhone pertama 14 tahun yang lalu? Mengutip dari laman USA Today, Kamis (10/6/2021), berikut ini perjalanan iOS sejak iPhone OS 1 hingga sekarang.

iPhone OS 1
Tanggal rilis: 29 Juni 2007
Fitur utama: Saat pertama kali hadir, toko aplikasi App Store masih belum tersedia. Di iPhone generasi pertama hanya memiliki aplikasi dasar termasuk Mail, browser Safari versi seluler, kamera, dan aplikasi YouTube bawaan dengan ikon yang menyerupai TV jadul.

iPhone OS 2.0
Tanggal rilis: 11 Juli 2008
Fitur utama: App Store memulai debutnya di OS2.0. Ada juga aplikasi lain, seperti Facebook, Pandora, dan MySpace yang memungkinkan pengguna tetap berhubungan dengan teman atau mendengarkan musik.

Pada saat peluncuran, App Store memiliki lebih dari 500 aplikasi. Fitur lain termasuk dukungan perusahaan, pencarian kontak, kemampuan untuk menghapus atau memindahkan email secara massal, kontrol orang tua dan kalkulator ilmiah.

OS 3.0
Tanggal rilis: 17 Juni 2009
Fitur utama: Fungsi potong, salin, dan tempel akhirnya tiba, seperti halnya dukungan untuk MMS yang memungkinkan pengguna mengirim foto dalam pesan teks. Pembaruan perangkat lunak juga memungkinkan pengguna mengetik di keyboard saat dalam mode lansekap (memegang ponsel ke samping).

iOS 4
Tanggal rilis: 21 Juni 2010
Fitur utama: Pada pembaruan perangkat lunak ini mendukung kegiatan multitasking, sehingga pengguna iPhone dapat dengan cepat beralih antar aplikasi. Pembaruan juga menambahkan folder untuk mengelompokkan aplikasi bersama dalam satu koleksi serta kemampuan untuk menyesuaikan layar utama dan lockscreen dengan wallpaper, baik yang disertakan dalam iOS 4 atau dengan foto.

iOS 5
Tanggal rilis: 12 Oktober 2011
Fitur utama: Tahun ini menandai kedatangan iCloud, berbagai layanan berbasis cloud gratis untuk perangkat Apple. Pembaruan perangkat lunak di 2011 juga memperkenalkan pusat notifikasi untuk mengawasi notifikasi, alat pesan teks baru iMessage dan menjadi ajang debut asisten suara Siri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)