Dari iPhone OS 1 hingga iOS 15, Ini Sejarah Perjalanan Sistem Operasi Milik Apple

Kamis, 10 Juni 2021 - 11:06 WIB
loading...
Dari iPhone OS 1 hingga iOS 15, Ini Sejarah Perjalanan Sistem Operasi Milik Apple
ilustrasi Apple Store. FOTO/ IST
MENLO PARK - Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya yakni iOS 15. OS ini rencananya akan dirilis untuk semua pengguna pada musim gugur atau sekitar September 2021.

Pembaruan iOS kali ini membawa perubahan khususnya untuk privasi, dimana pengguna akan mendapatkan Laporan Privasi Aplikasi dengan ringkasan selama tujuh hari ke belakang, tentang seberapa sering aplikasi mengakses informasi lokasi dan mikrofon atau kamera ponsel. BACA JUGA - Dilapisi Emas Murni, Kitab Yahudi dan Ilmuwan Yakin Kuil Suci Sulaiman Ada di Yerusalem

Sejak memulai debutnya di iPhone generasi pertama 2007 silam, iOS telah banyak mengalami berevolusi dan mendapat banyak peningkatan dari segi fitur dan kegunaan.

Jadi, apa saja yang berubah pada iOS sejak iPhone pertama 14 tahun yang lalu? Mengutip dari laman USA Today, Kamis (10/6/2021), berikut ini perjalanan iOS sejak iPhone OS 1 hingga sekarang.

iPhone OS 1
Tanggal rilis: 29 Juni 2007
Fitur utama: Saat pertama kali hadir, toko aplikasi App Store masih belum tersedia. Di iPhone generasi pertama hanya memiliki aplikasi dasar termasuk Mail, browser Safari versi seluler, kamera, dan aplikasi YouTube bawaan dengan ikon yang menyerupai TV jadul.



iPhone OS 2.0
Tanggal rilis: 11 Juli 2008
Fitur utama: App Store memulai debutnya di OS2.0. Ada juga aplikasi lain, seperti Facebook, Pandora, dan MySpace yang memungkinkan pengguna tetap berhubungan dengan teman atau mendengarkan musik.

Pada saat peluncuran, App Store memiliki lebih dari 500 aplikasi. Fitur lain termasuk dukungan perusahaan, pencarian kontak, kemampuan untuk menghapus atau memindahkan email secara massal, kontrol orang tua dan kalkulator ilmiah.

OS 3.0
Tanggal rilis: 17 Juni 2009
Fitur utama: Fungsi potong, salin, dan tempel akhirnya tiba, seperti halnya dukungan untuk MMS yang memungkinkan pengguna mengirim foto dalam pesan teks. Pembaruan perangkat lunak juga memungkinkan pengguna mengetik di keyboard saat dalam mode lansekap (memegang ponsel ke samping).

iOS 4
Tanggal rilis: 21 Juni 2010
Fitur utama: Pada pembaruan perangkat lunak ini mendukung kegiatan multitasking, sehingga pengguna iPhone dapat dengan cepat beralih antar aplikasi. Pembaruan juga menambahkan folder untuk mengelompokkan aplikasi bersama dalam satu koleksi serta kemampuan untuk menyesuaikan layar utama dan lockscreen dengan wallpaper, baik yang disertakan dalam iOS 4 atau dengan foto.

iOS 5
Tanggal rilis: 12 Oktober 2011
Fitur utama: Tahun ini menandai kedatangan iCloud, berbagai layanan berbasis cloud gratis untuk perangkat Apple. Pembaruan perangkat lunak di 2011 juga memperkenalkan pusat notifikasi untuk mengawasi notifikasi, alat pesan teks baru iMessage dan menjadi ajang debut asisten suara Siri.



iOS 6
Tanggal rilis: 19 September 2012
Fitur utama: Apple mencoba peruntungannya dalam navigasi dengan aplikasi Maps. Namun, Mapas buatan Apple tidak dapat bersaing dengan layanan lain seperti Google Maps atau Waze. Pembaruan perangkat lunak mengintegrasikan Facebook ke kontak dan kalender, dan Passbook yang nantinya akan menjadi Wallet dan menyimpan berbagai item seperti boarding pass atau kartu hadiah.

iOS 7
Tanggal rilis: 18 September 201
Fitur utama: Pembaruan perangkat lunak penting untuk Apple, iOS 7 secara signifikan merombak desain perangkat lunak selulernya. Hadirnya iOS 7 juga menjadi ajang perkenalan untuk AirDrop, cara berbagi informasi dengan cepat antara iPhone, dan fitur iTunes Radio.

Sementara pada kamera menyertakan filter Instagram baru dan pengorganisasian yang lebih baik di aplikasi Foto-nya, sehingga pengguna dapat mengurutkan berdasarkan "momen" atau kerangka waktu. Kendati demikian, iOS 7 ini mengalami masalah besar saat peluncuran seperti baterai yang cepat habis dan masalah koneksi ke Bluetooth dan Wi-Fi.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE