Windows Generasi Baru Rilis Oktober, Ini Bocoran Fitur-Fitur Barunya...

Kamis, 03 Juni 2021 - 13:05 WIB
loading...
Windows Generasi Baru Rilis Oktober, Ini Bocoran Fitur-Fitur Barunya...
Microsoft menggoda dengan teaser generasi terbaru Windows 10. Foto: ist
CALIFORNIA - Windows generasi baru sudah pasti akan dirilis tahun ini. Karena sudah dikonfirmasi langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella. Ibarat mobil, ubahannya bukan sekadar facelift yang minim. Tapi benar-benar full model change atau di desain ulang.

Nama kode Windows generasi baru itu adalah Sun Valley. Dalam perhelatan Build 2021, Nadella sesumbar bahwa nanti Windows ini akan jadi Windows paling penting dalam perjalanan Microsoft selama ini.

BACA JUGA: Hati-Hati, Sekali Merasakan Eksperiens Flagship ala POCO F3 5G, Bakal Susah Turun Kelas!

Padahal, saat ini pun Windows sudah sangat penting. Karena digunakan oleh 1,3 miliar orang di seluruh dunia. Baik untuk kerja, untuk belajar, dan juga untuk bermain.

”Di Windows, para developer bisa kumpul dan kolaborasi dalam satu tempat. Anda juga bisa memilih sendiri, mau memakai hardware seperti apa. Sekarang, kami akan rilis update terpenting di Windows dalam 10 tahun terakhir,” ujarnya.



Mengapa penting? Nadella menyebut akan membuka ”kesempatan ekonomi” baru untuk developer/pengembang aplikasi dan kreator. ”Kami akan menciptakan kesempatan baru bagi setiap developer saat ini. Kami juga menyambut kreator yang menncari platform terbuka baru untuk membangun dan mendistribusikan aplikasi mereka,” ujar Nadella.

Perubahan Besar di Visual
Sun Valley akan punya perubahan besar di tampilannya. Karena mereka tidak hanya mengubah desain di tombol-tombol, juga menambah fungsi baru di aplikasi seperti File Explorer, Start Menu, Action Center, hingga Taskbar. Garis besarnya adalah mereka akan menyempurnakan desain dan fungsi Windows sejak era Windows 8.

Windows 8 adalah Windows pertama yang mengusung bahasa desain Metro. Tombol start screen berubah, aplikasi berubah, sudah mendukung sentuhan, mudah tersinkronisasi ke online, dan juga pertama memiliki Windows Store. Di Sun Valley, fitur-fitur ini akan dibuat lebih baik dan modern lagi.

Huruf
Huruf jelas penting, karena jadi panduan navigasi di sistem operasi. Yang diperbaiki adalah kemampuan huruf di Windows yang bisa dengan mudah menyesuaikan di ukuran layar yang sangat kecil, juga sangat besar. Teknologinya namanya Segoe UI Variable. Apa dampaknya? Bisa jadi, mempermudah navigasi Windows di beragam jenis perangkat dan beragam ukuran layar.

Animasi dan Sentuhan
Microsoft menggunakan user interface baru di Sun Valley. Namanya WinUI. Sebenarnya bukan pengganti Fluent Design yang ada sekarang. Tapi dibangun di atasnya, yang tujuannya untuk memperbaiki eksperiens UI yang lama dan yang baru. Jadi pengguna tetap merasa tidak asing, sambil mendapatkan fungsi-fungsi baru.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE