Cara Cek VGA Laptop dengan Lima Langkah Paling Mudah

Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:03 WIB
loading...
A A A
Untuk dapat masuk ke BIOS anda harus menekan tombol tertentu saat anda menyalakan laptop. Begitu laptop menyala coba untuk menekan tombol Esc, F1, F2, F8, F10, F11, F12, atau Delete. Setiap model BIOS menggunakan tombol yang berbeda untuk mengaksesnya, tapi biasanya masih disekitaran tombol yang sebelumnya telah disebutkan.

3. Cek VGA di Device Manager

Perangkat lunak bawaan dari Windows untuk mengelola segala perangkat keras yang ada di PC laptop. Kita dapat melihat informasi spesifikasi VGA laptop maupun perangkat keras lainnya di device manager.

Cara mengakses device manager cukup mudah, tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan devmgmt.msc lalu enter. Jika anda menggunakan Windows 10 anda dapat mengakses device manager melalui control panel atau cukup klik kanan pada menu Start lalu pilih Device manager.

4. Cek VGA Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

DirectX Diagnostic Tool merupakan software dari Windows yang menampilkan informasi tentang DirectX dan Driver yang terpasang di laptop maupun PC. Tekan Windows key + R, kemudian tulis dxdiag dan tekan Enter untuk memunculkan DirectX Diagnostic Tool.

Di dalam DirectX Diagnostic Tool anda dapat melihat jenis VGA dan versi driver yang sedang digunakan. Tidak hanya itu, di dalam tool ini anda dapat mengecek audio, prosesor yang digunakan, BIOS, dan Windows yang anda gunakan.

5. Cek VGA Dengan Software CPU-Z

Software yang populer untuk menampilkan informasi perangkat keras secara rinci di laptop seperti Chipset, BIOS, Processor, Motherboard, RAM, dan juga VGA.

Software CPU-Z ini sangat berguna dan simpel untuk digunakan. Memiliki informasi lengkap tentang hardware yang anda gunakan. Jadi akan mempermudah anda untuk mencari driver yang tidak disediakan dari Microsoft atau Windows.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)