Cara Cek VGA Laptop dengan Lima Langkah Paling Mudah

Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:03 WIB
loading...
Cara Cek VGA Laptop dengan Lima Langkah Paling Mudah
VGA atau Video Graphics Array . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - VGA laptop atau Video Graphics Array merupakan perangkat keras (hardware) yang berfungsi dalam menampilkan gambar pada layar monitor laptop. Oleh karenanya sangat penting kita mengetahu spesifikasi VGA laptop dengan lima cara paling mudah .


BACA JUGA - Punya Sensor Canggih, Pesawat Intai Israel Bisa Gocek Radar Malaysia dan Indonesia

Semakin besar kapasitas VGA dan prosesornya memadai, maka akan semakin bagus kualitas tamFpilan game di layar monitor. Begitu juga untuk para penyunting video dan gambar, VGA berkapasitas kecil akan mengganggu tampilan layar, yang artinya dapat mengganggu kinerja mereka.

Fungsi VGA pada Laptop

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, VGA pada laptop memiliki fungsi yang berkaitan dengan tampilan grafis pada layar monitor. Tanpa adanya VGA, pengguna komputer atau laptop akan sangat kesulitan bekerja karena tidak adanya penampil data.

Berikut cara cek VGA dengan lima langkah mudah

1. Melihat Stiker di Laptop

Ini merupkan cara paling mudah dan simpel yang dapat dilakukan setiap orang. Pada laptop biasanya memiliki stiker di bagian tertentu untuk menunjukkan spesifikasi dari laptop tersebut, seperti Sistem Operasi, Hard Disk, Dimensi layar, Processor, RAM dan informasi lainnya termasuk VGA.

Terkadang stiker di laptop tidak menampilkan spesifikasi VGA, mungkin juga stiker sudah rusak atau terlepas. Untuk itu, coba anda lakukan cek pada buku manual bawaan dari produsen laptop.

2. Cek VGA Laptop Melalui BIOS

BIOS (Basic Input Outpot System) merupakan salah satu memory di komputer yang bersifat read-only atau hanya dapat dibaca saja. Didalam BIOS memiliki informasi, yang salah satunya yaitu spesifikasi yang ada di laptop atau PC. Disinilah kita bisa melihat spesifikasi dari VGA, namun informasi yang ditampilkan BIOS ini terbatas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)