6 Lokasi Pertama yang Dapat Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Kamis, 27 Mei 2021 - 15:05 WIB
loading...
6 Lokasi Pertama yang Dapat Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia
Direktur utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana saat migrasi jaringan 3G ke 4G. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Komersialisasi 5G di Indonesia sudah di depan mata. Salah satu operator seluler yang diketahui telah berhasil menggelar jaringan 5G di Tanah Air adalah Telkomsel.

Telkomsel akan menjadi operator pertama yang menyediakan jaringan 5G di Indonesia setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).



Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, layanan 5G Telkomsel mulai bisa dinikmati secara serempak mulai hari ini, Kamis 27 Mei 2021.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa jaringan 5G ini baru akan tersedia di enam lokasi di daerah Jakarta saja, yakni Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera.

Namun tak perlu khawatir, karena secara bertahap layanan komersial 5G Telkomsel juga akan menyambangi sejumlah kota, yaitu, Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Sebelumnya, Telkomsel telah dinyatakan lulus Uji Layak Operasional (ULO) yang dilakukan pada 19-21 Mei 2021. Untuk mengadakan jaringan 5G, operator berlogo merah tersebut menggelar pita frekuensi 2,3 Ghz sebagai data plane.

Direktur utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, untuk bisa menggunakan jaringan 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM sebagaimana saat migrasi jaringan 3G ke 4G.



"Untuk saat ini jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ujar Setyanto dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)