Begini Tips Memotret Bulan Hanya Menggunakan Smartphone

Kamis, 27 Mei 2021 - 13:10 WIB
loading...
Begini Tips Memotret Bulan Hanya Menggunakan Smartphone
Banyak smartphone dilengkapi lensa tele yang teknologinya beragam, sehingga bisa digunakan untuk memotret gerhana bulan. Foto: dok Lucky Sebastian
JAKARTA - Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) atau fenomena Super Blood Moon yang terjadi Rabu petang, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Buktinya, warganet berlomba-lomba mengabadikan dan mengunggah potret Super Blood Moon di media sosial hanya lewat smartphone mereka. Di Twitter, kata ‘Super Blood Moon’ menjadi trending topic dengan puluhan ribu cuitan.

BACA JUGA: Gerhana Bulan Total Hiasi Bumi, Super Blood Moon Trending di Twitter

Sebenarnya, bagaimana sih memotret gerhana bulan menggunakan kamera smartphone agar hasilnya bagus?

Pengamat teknologi Lucky Sebastian mengatakan, sejatinya foto bulan atau gerhana bulan harus dilakukan dengan kamera profesional yang serius, dilengkapi dengan tele lens yang panjang, karena jarak bulan yang jauh.



Namun, Lucky menyebut bahwa sekarang banyak smartphone dilengkapi lensa tele yang teknologinya macam-macam. ”Dari memanfaatkan focal length yang berbeda hingga menggunakan periscope tele lens,” beber Lucky.

Hasil pembesaran optik yang terbatas ini, menggunakan algoritma software bisa dibuat berlipat lebih jauh, atau dikenal dengan pembesaran hybrid dan digital.

”AI (Artificial Intellegence), Mega Pixel besar, penggabungan hasil multi camera (fusion), menambah kemampuan kamera smartphone yang kecil untuk mendekati hasil kamera profesional,” beber Lucky.

Tips Memotret Gerhana Bulan menggunakan Smartphone
Begini Tips Memotret Bulan Hanya Menggunakan Smartphone

Nah, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana caranya foto gerhana bulan dengan smartphone?

Menurut Lucky, ini sangat tergantung dengan kemampuan kamera smartphone kita. ”Jika kamera ponsel kita terbatas, misalnya hanya punya pembesaran 2 atau 3 kali optikal, kita memang tidak bisa berharap foto bulan seperti foto NASA atau LAPAN yang bisa memperlihatkan penampang bulan dengan kawahnya,” ungkapnya.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda