Menelusuri Perkembangan Smartphone dari Masa ke Masa

Minggu, 23 Mei 2021 - 19:02 WIB
loading...
Menelusuri Perkembangan Smartphone dari Masa ke Masa
Butuh proses panjang bagi ponsel untuk menjadi sepintar sekarang. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Smartphone kini menjadi benda wajib yang dibawa setiap orang. Bahkan sudah menjadi bagian penting saat aktivitas sehari-hari.

Selain alat komunikasi, smartphone jaman sekarang juga berfungsi sebagai hiburan. Misalnya untuk menonton film, mendengarkan musik, mengambil gambar dan sebagainya. Namun tahukah kamu, butuh proses panjang bagi ponsel untuk menjadi sepintar sekarang.



Ingin tahu perkembangan smartphone dari masa ke masa? Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/5/2021), berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan evolusi smartphone.

Ponsel pertama kali muncul di tahun 1970-an. Panggilan telepon seluler pertama dilakukan oleh Dr Martin Cooper, seorang karyawan Motorola, di New York menggunakan prototipe telepon Dyna TAC.

Cooper menelepon temannya yang bekerja di rival AT&T. Ponsel ini memiliki berat lebih dari satu kilogram dan membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi daya.

Kemudian pada 1979, Jepang meluncurkan jaringan seluler otomatis pertama yang tersedia secara komersial yang saat ini disebut "1G".

Dan untuk pertama kalinya, pada 1983 ponsel dijual dengan harganya USD 4.000, harga yang cukup mahal pada jaman itu. Ponsel yang dijual pertama adalah Motorola DynaTAC 8000X.



Beranjak ke era 90-an awal, ponsel GSM diluncurkan dan jaringan seluler digital 2G menggantikan sistem analog 1G.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)