Dorong Perkembangan Inovasi, Kemenperin Buka Pendaftaran Penghargaan Rintek 2021

Rabu, 19 Mei 2021 - 11:20 WIB
loading...
Dorong Perkembangan Inovasi, Kemenperin Buka Pendaftaran Penghargaan Rintek 2021
ilustrasi penerapan teklnologi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pada 2021, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menyelenggarakan penganugerahan Penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek). Penghargaan ini hadir sebagai apresiasi pemerintah kepada industri yang telah secara luar biasa telah menghasilkan perekayasaan, invensi, dan/atau inovasi teknologi dalam rangka mengembangkan proses bisnisnya.

Penghargaan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sejak 2006, di mana mulai 2012 diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Hingga saat ini, penghargaan Rintek telah diberikan kepada 51 perusahaan atas 72 inovasi teknologi yang dihasilkan.

Dengan melibatkan juri yang kompeten di bidang teknologi industri, penghargaan Rintek telah menelurkan para perusahaan industri penghasil inovasi terbaik pada setiap periodenya.

Adapun tujuan diselenggarakannya penghargaan ini adalah memberikan apresiasi terhadap industri yang mempunyai prestasi yang luar biasa dalam menghasilan inovasi teknologi, mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan dalam rangka mendorong kemandirian industri nasional, dan memotivasi para pelaku industri nasional untuk mengembangkan daya saing melalui kegiatan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan teknologi industri yang bernilai tinggi.

“Atas penghargaan tersebut, manfaat yang akan diterima oleh perusahaan penerima Penghargaan Rintek 2021 antara lain mendapat pengakuan resmi dari pemerintah atas prestasi pelaku industri dalam bidang teknologi, meningkatkan popularitas dan citra kredibilitas positif bagi perusahaan atas teknologi yang telah dihasilkan, dan pada akhirnya penghargaan ini akan memberikan efek berantai terhadap peningkatan antusiasme konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan penerima penghargaan,” tulis Kemenperin dalam keterangan resmi, Rabu (19/5/2021).

Perusahaan industri atau tim pengusul yang berminat untuk mengikuti atau mengusulkan perusahaan untuk seleksi penerima penghargaan Rintek 2021 Kemenperin dapat mendaftarkan diri secara online melalui tautan bit.ly/rintek2021 paling lambat tanggal 31 Mei 2021. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Penghargaan Rintisan Teknologi Industri, Kementerian Perindustrian melalui email:puslitbangtiki@kemenperin.go.id.

Ketentuan kandidat peserta dan rintek yang diusulkan pada penghargaan 2021 harus memenuhi persyaratan merupakan perusahaan industri pengolahan atau penyedia jasa industri dengan status kepemilikan penanaman modal dalam negeri (PMDN), rintek yang dihasilkan merupakan hasil invensi dan/atau inovasi teknologi yang telah terbukti berhasil (proven) diterapkan pada proses bisnis perusahaan, telah dihasilkan paling lama dalam kurun waktu dua tahun terakhir, belum pernah diusulkan pada seleksi Rintek periode sebelumnya, dan belum pernah menerima penghargaan resmi dari pemerintah pusat maupun daerah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8782 seconds (0.1#10.140)