Cara Mengapus Akun Google Photos Secara Permanen

Selasa, 18 Mei 2021 - 03:05 WIB
loading...
Cara Mengapus Akun Google Photos Secara Permanen
Google Photos memudahkan untuk menyalin foto di internet. Foto: ist
JAKARTA - Ada banyak cara untuk menghapus akun Google Photos secara permanen. Mengapa harus dihapus? Karena sudah tidak merasa perlu. Atau, ingin beralih ke layanan pencadangan foto yang berbeda. Atau bisa juga membersihkan file-file yang tidak penting di cloud.

Seperti iCloud milik Apple, Google Photos adalah alat penyimpanan awan (cloud storage) yang berguna untuk pemula dan profesional.

BACA JUGA: Kocak, Seorang Pria Kebingungan Temukan Handle Pintu Belakang Pilar C Honda HR-V

Sayangnya, perubahan kebijakan yang berlaku mulai 1 Juni 2021 membuat Google Photos tidak lagi menawarkan penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto 'kualitas tinggi'.

Pengguna hanya akan mendapat 15 GB secara gratis. Jika lebih dari itu harus berlangganan Google One, yang biayanya Rp135 ribu perbulan dan pengguna akan mendapatkan akses ke penyimpanan awan hingga 2 TB.



Sebelum memulai upaya pembersihan, ada baiknya untuk mencadangkan file foto yang ada di Google Photos. Caranya dengan mengunduh file tersebut ke perpustakaan gambar di PC atau Mac.

Sayangnya, tidak ada cara sekali klik untuk menghapus seluruh pustaka Google Photos. Jadi, menghapus setiap gambar di Google Photos akan membutuhkan sedikit usaha.

Cara Mengapus Akun Google Photos Secara Permanen

Cara termudah menghapus setiap gambar dari akun Google Photos adalah dengan menggunakan metode seleksi sekaligus.

Pastikan membuka dari versi web Google Photos. Sorot gambar teratas di perpustakaan Anda. Kemudian gulir hingga ke bagian bawah kisi thumbnail, sampai mendapatkan gambar terlama di koleksi cloud Anda.

Tahan tombol shift dan klik foto terakhir. Setiap foto di perpustakaan Anda sekarang sudah dipilih. Lalu klik hapus.



Foto-foto tersebut akan pindah ke bagian arsip atau archived. Untuk benar-benar menghapus semuanya, Anda juga perlu memeriksa arsip Anda dan memindahkan item dari sana ke tempat sampah.

Jika hal itu terlalu ribet, ada alternatif lain. Pertama, biarkan produk Google Photos tidak aktif selama dua tahun. Maka Google akan menghapus semua konten Anda - termasuk Google Photos.

Cara Mengapus Akun Google Photos Secara Permanen

Jadi, jika Anda tidak mengunggah, menghapus, atau berinteraksi dengan pustaka Google Photos selama dua tahun penuh, Google akan otomatis menghapus semua yang ada di dalamnya.

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Menghilangkan Baret di Mobil Berkelir Hitam

Sayangnya, jika dalam dua tahun itu Anda berinteraksi dengan akun Anda, misalnya, maka smartphone akan secara otomatis mencadangkan foto ke Google Photo. Maka jam akan disetel ulang dan Anda harus menunggu dua tahun lagi.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE