Mengenal Kebijakan Privasi Baru WhatsApp yang Berlaku Besok

Jum'at, 14 Mei 2021 - 19:02 WIB
loading...
Mengenal Kebijakan Privasi Baru WhatsApp yang Berlaku Besok
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kebijakan privasi baru WhatsApp mulai berlaku besok 15 Mei 2021. Aturan baru ini menimbulkan polemik di kalangan pengguna.

Banyak pengguna yang ragu untuk mengamini permintaan pembagian data ke Facebook sebagai induk aplikasi perpesanan instan tersebut. Pengguna khawatir datanya digunakan untuk kepentingan komersial.



Hal ini kemudian disadari WhatsApp . Mereka mendapati banyak penggunanya yang merasa kebingungan karena pembaruan kebijakan privasi.

WhatsApp mengklaim ada disinformasi yang beredar sehingga menimbulkan keresahan bagi para pengguna.

Oleh karena itu, WhatsApp memutuskan untuk memberikan perpanjangan waktu untuk pengguna meninjau dan menerima pembaruan ini, yang tadinya berlaku mulai 8 Februari diperpanjang menjadi 15 Mei 2021.

"Tidak akan ada akun pengguna yang dihapus pada 8 Februari 2021, seperti deadline sebelumnya," kata WhatsApp dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.



Dalam periode tersebut, WhatsApp juga akan terus berupaya meluruskan disinformasi yang beredar. Ini supaya penggunanya memahami dengan jelas terkait pembaruan kebijakan privasi ini.

WhatsApp menegaskan, kebijakan privasi WhatsApp yang baru tidak memengaruhi chat atau percakapan antarakun maupun grup pribadi para pengguna.

Pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp.



WhatsApp menegaskan, percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API, tapi tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)