OPPO No 1 di Indonesia, Samsung di Posisi 2, Vivo Nyungsep

Rabu, 12 Mei 2021 - 19:11 WIB
loading...
OPPO No 1 di Indonesia, Samsung di Posisi 2, Vivo Nyungsep
OPPO mendominasi pengiriman ponsel pada kuartal pertama 2021. Foto: Sindonews/danang arradian
JAKARTA - OPPO menjadi perusahaan smartphone yang menguasai pasar ponsel di Indonesia pada kuartal pertama 2021. Itu, menurut data dari lembaga riset Canalyst.

Canalys menyebut di kuartal I tahun 2021 OPPO membukukan market share sebesar 24%, paling besar diantara pabrikan ponsel lainnya. Sebelumnya, OPPO memang berada di posisi kedua. Dan kini mereka naik satu peringkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

BACA JUGA: Honda Prelude, Usia 20 Tahun, 2 Pintu, 2.2L VTEC, 200 HP, Cuma Rp200 jutaan

Posisi Vivo yang pada kuartal IV 2020 di klaim di posisi pertama, tergeser mundur jauh dua tingkat ke posisi ketiga dengan market share 19%.

Vivo memang sempat tersandung kasus, ketika salah satu model ponsel mereka terbakar di apron Bandara Internasional Hong Kong. Akibatnya, sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia dan lainnya memberikan larangan untuk mengakut ponsel Vivo di bagasi mereka. Hingga saat ini pihak otoritas bandara di Hong Kong sedang melakukan penyelidikan mengapa ratusan ponsel Vivo bisa terbakar.



Sementara itu, Samsung yang memimpin pasar ponsel di dunia berada di peringkat kedua di Indonesia. Menurut Canalyst, market share Samsung berada di angka 19 persen.

OPPO No 1 di Indonesia, Samsung di Posisi 2, Vivo Nyungsep

Sementara itu, Xiaomi dan realme masing-masing berada di posisi keempat dan kelima di kuartal pertama 2021. Xiaomi memiliki market share sebanyak 18% sedangkan realme adalah 12%.

Di skala global, Samsung sendiri mencatatkan diri sebagai merek ponsel dengan pengiriman terbesar di dunia di kuartal pertama 2021. Menurut data Canalys, Samsung memiliki pangsa pasar 22% dan mengirimkan 76,5 juta unit. Posisi Samsung menggeser Apple yang pada kuartal terakhir 2020 mendominasi.

Di kuartal pertama 2021, Apple berada di peringkat kedua dengan market share 15 persen dan pengiriman/shipment sebanyak 52,4 juta.

BACA JUGA: Lebaran di Rumah, 3 Indonesia Antisipasi Kenaikan Trafik Data Hingga 35 Persen

Adapun Xiaomi berada di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 14% dan megirimkan 49 juta unit ponsel. Canalyst memang mencatat data ponsel yang dikirimkan dari pabrik ke distributor/penjual, bukan jumlah ponsel yang terjual ke konsumen.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE