Aplikasi Android Bakal Punya Label Data Pengguna Mirip Apple

Selasa, 11 Mei 2021 - 23:57 WIB
loading...
Aplikasi Android Bakal Punya Label Data Pengguna Mirip Apple
ilustrasi Apple Store. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Kebijakan ini akan memungkinkan pengguna smartphone Android mengetahui data apa yang dikumpulkan dan dibagikan oleh developer, plus memberikan akses ke informasi privasi dan keamanan tambahan.

Pengembang aplikasi Android memiliki waktu hingga kuartal kedua 2022 untuk mengumumkan informasi ini.

Pengguna akan mulai melihat bagian keamanan di Google Play dalam tiga bulan pertama tahun 2022, demikian dikutip dari Straits Times, Selasa (11/5/2021).

BACA JUGA -
Kampung Sepi Akibat COVID-19, Katak Berukuran Bayi Manusia Berkeliaran

Dorongan transparansi ini dimulai dari Apple yang memaksa pengembang aplikasi mengungkapkan informasi apa yang mereka kumpulkan, dan apa yang mereka lakukan dengan data-data tersebut.

Diketahui, Apple menerapkan kebijakan privasi baru dalam fitur Tracking Transparency dalam update iOS 14.5.

Dalam aturan tersebut pengguna dapat menolak memberikan akses kepada developer yang mengumpulkan data pengguna yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Kebijakan ini dianggap akan menekan iklan digital bertarget dari para pengembang karena sebagian besar pengguna akan menolak memberikan akses lebih pada developer aplikasi.

Google yang juga bergantung pada pendapatan iklan, telah mengambil pendekatan yang lebih terukur.

Raksasa pencarian internet ini sedang mendiskusikan bagaimana mereka dapat membatasi pengumpulan data dan pelacakan lintas aplikasi pada sistem operasi Android dengan cara yang tidak seketat solusi Apple, Bloomberg melaporkan.

Bagian keamanan Google Play juga akan memberi tahu pengguna jika suatu aplikasi mengenkripsi data, apakah mengikuti kebijakan Google untuk keluarga dan anak-anak, apakah pengguna memiliki pilihan dalam berbagi informasi, dan apakah pengguna dapat meminta penghapusan data jika mereka meng-uninstal aplikasi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)