Terra Drone Rilis Teknologi Sensor LiDAR One untuk Pemetaan

Rabu, 21 April 2021 - 04:09 WIB
loading...
Terra Drone Rilis Teknologi Sensor LiDAR One untuk Pemetaan
Sensor Terra LiDAR One dapat dipasang pada produk drone keluaran DJI, yaitu DJI seri Matrice 300 RTK. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terra Drone sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone industri yang berpusat di Jepang, baru saja merilis teknologi sensor LiDAR terbaru untuk keperluan pemetaan di sektor konstruksi, pertambangan, dan survei. Teknologi tersebut dinamakan Terra LiDAR One, yang akan mulai dipasarkan pada Juli 2021 mendatang.

Terra LiDAR One merupakan teknologi sensor LiDAR mutakhir yang dirancang untuk kegiatan survei topografi maupun inspeksi secara 3D, dengan lebih efektif dan efisien terutama dalam menghasilkan data dengan akurasi yang tinggi, produktivitas tinggi dan mudah digunakan.



Terra LiDAR One bekerja dengan menembakkan jutaan titik pancaran laser ke objek dalam satu waktu, yang kemudian dimodelkan dalam bentuk point cloud 3 dimensi. Point cloud yang dihasilkan kemudian diolah sehingga membentuk model terkomputerisasi dengan tingkat akurasi yang sangat baik.

"Cara kerja LiDAR juga memungkinkan survei untuk dilakukan dalam kondisi cahaya yang terang maupun gelap, sehingga dapat dilakukan siang maupun malam hari," kata Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia, dalam keterangannya, Selasa (20/4/2021).

Sensor Terra LiDAR One dapat dipasang pada produk drone keluaran DJI, yaitu DJI seri Matrice 300 RTK, yang merupakan salah satu drone multirotor terbaik yang saat ini dapat ditemukan di pasaran.

Produktivitas survei menggunakan Terra LiDAR One jauh lebih tinggi dibandingkan dengan survei pengukuran tradisional.



Misal untuk keperluan survei topografi pra-konstruksi jalan, drone LiDAR mampu melakukan survei hingga 10 kilometer dalam 1 hari, yang juga setara dengan survei topografi di konsesi tambang dengan luas 200-500 hektar.

Terra LiDAR One dikembangkan oleh tim ahli dengan standar kualitas manufaktur dari Jepang. Pengembangan Terra LiDAR One dilakukan berdasarkan pengalaman serta masukan dari grup Terra Drone di berbagai belahan dunia, salah satunya Terra Drone Indonesia.

"Terra LiDAR One akan sangat cocok untuk digunakan di berbagai medan di wilayah Indonesia," tandas Michael.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)