Kemampuan ASUS TUF Dash F15 di Mata Gamer Profesional

Senin, 19 April 2021 - 23:06 WIB
loading...
Kemampuan ASUS TUF Dash F15 di Mata Gamer Profesional
ASUS TUF Dash F15 memberikan banyak keunggulan bagi pengguna laptop superaktif. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Gamer profesional dengan mobilitas tinggi tentunya mendambakan perangkat laptop gaming ultraportable. Begitu juga dengan Victoria XD.

Notebook gaming tersebut mempersenjatai diri dengan spesifikasi tinggi. Sehingga memungkinkan gamer bermain game di mana saja karena notebook ringan untuk dibawa ke mana-mana.



Lebih istimewa lagi jika laptop tersebut tahan banting. Ini bisa membuat pemiliknya tidak perlu khawatir terhadap benturan saat notebook dibawa jalan-jalan ke tempat favorit.

Oleh karena itu, Victoria menyambut antusias ketika ASUS memperkenalkan TUF Dash F15 versi 2021 dalam ajang CES 2021 di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari lalu. Selain dipersenjatai prosesor terbaru Intel® Core™i7-11370H Generasi ke-11, laptop tersebut juga dibentengi ketahan berstandar militer AS MILSTD.

Prosesor Intel® Core Gen ke-11 H Series tersebut juga diluncurkan di acara yang sama. Prosesor ini memang dirancang untuk gaming ultraportable.

Kemampuan ASUS TUF Dash F15 di Mata Gamer Profesional


Ditemui di ajang Valorant Challengers Indonesia, gamer bernama asli Audrey Clarissa ini mengaku senang saat tahu ASUS akan meluncurkan laptop gaming terbaru. “Apalagi dengan spek yang ada di laptop-nya, sangat nyaman untuk digunakan main game. Hal yang membuat saya sangat tertarik karena memiliki standar military grade. Jadi aku kalau pergi-pergi bawa laptop tidak perlu takut lagi enggak sengaja terbentur atau jatuh,” jelas Victoria XD.

Bodi yang membungkus isi ASUS TUF Dash F15 memiliki sertifikasi standar militer AS grade MIL-STD810H. Dengan sertifikasi tersebut laptop ini diklaim merek dapat menahan kerusakan akibat jatuh dan benturan tidak terduga dalam penggunaan sehari-hari.

Selain itu, laptop juga tahan getaran. Misalnya dalam perjalanan sehingga komponen internalnya tidak rusak.

Perlindungan standar militer tersebut tentunya bisa membuat komponen di dalam laptop bekerja sempurna dalam berbagai kondisi. ASUS menjamin TUF Dash F15 mampu beroperasi pada suhu ekstrem antara 49 derajat hingga -32 derajat Celcius. Bodi kokoh standar militer itu tak lantas membuat TUF Dash F15 menjadi gendut. Ketebalannya hanya 19,9 mm dengan berat 2 kg, jadi sangat nyaman dibawa ke mana-mana.

TUF Dash 15 merupakan salah satu yang pertama menggunakan Intel® Core™i7-11370H Generasi ke-11. Prosesor ini sengaja dirancang Intel® untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mobile, tapi tetap ingin memainkan game kelas AAA semulus saat mereka menggunakan desktop kelas atas.

Kemampuan ASUS TUF Dash F15 di Mata Gamer Profesional


TUF Dash 15 merupakan salah satu yang pertama menggunakan Intel® Core™i7-11370H Generasi ke-11. Prosesor ini sengaja dirancang Intel untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mobile, tapi tetap ingin memainkan game kelas AAA semulus saat mereka menggunakan desktop kelas atas.

Prosesor ini menghadirkan performa gaming nan elite dan kemampuan lebih responsif. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari, bisnis, dan gonta-ganti aplikasi di saat yang sama menjadi tanpa halangan. Keseimbangan antara mobilitas, produktivitas dan gaming pun tercapai.

Arsitektur baru di prosesor Intel Generasi ke-11 didesain untuk lebih cepat dan lebih baik, menghadirkan perbaikan performa yang dapat dirasakan langsung dibandingkan dengan prosesor Generasi ke-10. Perbaikan tersebut bisa dirasakan dengan kinerja grafis terintegrasi dua kali lebih cepat dibanding processor Intel® Core Gen ke 10 H-Series.

Fitur-fitur penting yang biasanya hanya ada di desktop premium kini terpasang juga di Intel® Core™i7- 11370H Generasi ke-11. Ada arsitektur PCIe Gen 4.0 untuk penyimpanan yang lebih cepat dan dukungan terhadap grafis terbaru. PCIe Gen 4 ini memiliki 20x jalur, 4x jalur CPU bebas ke GPU bandwidth tertinggi.

Juga ada Intel® Killer™ Wi-Fi 6E (Gig+) yang menjamin kestabilan, kualitas, dan kecepatan koneksi internet, sehingga penggemar games bisa bermain, download, dan streaming video di waktu yang sama. Semua itu memberikan keseimbangan antara mobilitas dan advanced gaming.

TUF Dash F15 dilengkapi berbagai macam port termasuk Thunderbolt 4.0. Port ini hanya tersedia di laptop dengan prosesor Intel® Core™ Gen ke-11 H Series, memiliki speed 40GB/s. Thunderbolt 4.0 lebih cepat 4x dibandingkan dengan USB 3.1 dalam transfer data, dan port ini bisa digunakan untuk menambah external GPU dan menyambungkan 2x monitor 4K.

Untuk menemani prosesor tersebut, ASUS juga memasang GPU NVidia RTX 3070 8GB, RAM 16GB DDR4- 3200, dan SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0. Layar 15,6 inci IPS FHD 300 nits dengan refresh rate 240Hz membuat semua game bisa dimainkan dengan nyaman. Ada pula speaker DTS Surround. Dengan adanya GPU NVidia RTX 3070 8 GB, laptop ini memiliki kemampuan Resizable BAR, hasil kerja sama dengan NVidia, untuk menghadirkan kinerja yang lebih baik dengan memanfaatkan protokol PCIe standar, pengalaman gaming pun semakin meningkat.

Selain refresh rate yang mencapai 240Hz, karena laptop ini menggunakan prosesor Intel® Generasi ke 11, frekuensinya yang 3.3GHz 10 nm SuperFin bisa dimaksimalkan mencapai 5GHz memanfaatkan Intel® Turbo Boost Max 3.0, performa single thread tercepat di segmen laptop ultraportable.

Frekuensi up to 5 GHz ini membuat pengalaman gaming menjadi nyaman dan membuat pengguna semakin produktif. Sebab bisa mengganti aplikasi, office multi-sheet, browsing, dan lain sebagainya dengan sangat responsif. Pengalaman gaming pun turut menjadi lebih nyaman.

Fitur-fitur penting yang biasanya hanya ada di desktop premium kini terpasang juga di Intel® Core™i7- 11370H Generasi ke-11. Ada arsitektur PCIe Gen 4.0 untuk penyimpanan yang lebih cepat dan dukungan terhadap grafis terbaru. PCIe Gen 4 ini memiliki 20x jalur, 4x jalur CPU bebas ke GPU bandwidth tertinggi. Juga ada Intel® Killer™ Wi-Fi 6E (Gig+) yang menjamin kestabilan, kualitas, dan kecepatan koneksi internet, sehingga penggemar games bisa bermain, download, dan streaming video di waktu yang sama. Semua itu memberikan keseimbangan antara mobilitas dan advanced gaming.

TUF Dash F15 dilengkapi berbagai macam port termasuk Thunderbolt 4.0. Port ini hanya tersedia di laptop dengan prosesor Intel® Core™ Gen ke-11 H Series, memiliki speed 40GB/s. Thunderbolt 4.0 lebih cepat 4x dibandingkan dengan USB 3.1 dalam transfer data, dan port ini bisa digunakan untuk menambah external GPU dan menyambungkan 2x monitor 4K.

Untuk menemani prosesor tersebut, ASUS juga memasang GPU NVidia RTX 3070 8GB, RAM 16GB DDR4- 3200, dan SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0. Layar 15,6 inci IPS FHD 300 nits dengan refresh rate 240Hz membuat semua game bisa dimainkan dengan nyaman. Ada pula speaker DTS Surround. Dengan adanya GPU NVidia RTX 3070 8 GB, laptop ini memiliki kemampuan Resizable BAR, hasil kerjasama dengan NVidia, untuk menghadirkan kinerja yang lebih baik dengan memanfaatkan protokol PCIe standar, pengalaman gaming ikut terkerek semakin meningkat.

Selain refresh rate yang mencapai 240Hz, karena laptop ini menggunakan prosesor Intel® Generasi ke 11, frekuensinya yang 3.3GHz 10 nm SuperFin bisa dimaksimalkan mencapai 5GHz memanfaatkan Intel® Turbo Boost Max 3.0, performa single thread tercepat di segmen laptop ultraportable. Frekuensi up to 5 GHz ini membuat pengalaman gaming menjadi nyaman dan membuat pengguna semakin produktif karena bisa mengganti aplikasi, office multi sheet, browsing, dan lain sebagainya dengan sangat responsif. Pengalaman gaming tentunya turut menjadi lebih nyaman.



Kemampuan ASUS TUF Dash F15 di Mata Gamer Profesional


Teknologi ini juga membantu performa gaming FPS. Performa gaming tetap tinggi dan lancar di resolusi 4K, FHD di atas 70 FPS dengan setting grafis high.

Semua kenyamanan tersebut dirasakan Victoria saat mencoba bermain Valorant menggunakan ASUS TUF Dash F15. “Performanya bagus sekali, saya gunakan untuk main Valorant sangat mudah digunakan, cepat dan tanpa gangguan sama sekali. Tata letak keyboard juga mantap,” puji Victoria.

Hal lain yang penting bagi seorang gamer adalah daya tahan baterai. TUF Dash F15 ditenagai baterai 4-cell Li-ion yang tahan digunakan hingga 16,6 jam. Kemudian terpasang 5 heat pipe dan 4 heatsink. Arsitektur baru Intel® Core™ Gen ke-11 H Series yang memang lebih efisien dan hemat daya, ditambah dengan komponen TUF Dash, mampu membuat laptop ini tahan lama dan suhunya terjaga ketika digunakan.

“Ketika membaca spek dan mencoba langsung, saya tidak menyangka kalau baterainya sangat tahan lama. Selain itu ada kemampuan fast charging juga, jadi tidak perlu khawatir jika charger tertinggal. Overall, laptop ini cocok sekali untuk orang dengan kesibukan tinggi seperti saya, dengan tuntutan untuk main game dan berkarya sebagai content creation, plus produktivitas sehari-hari. Ganti-ganti apps juga sangat mudah,” katanya lagi.

Victoria juga menceritakan apa yang disukainya dari laptop ini. Asus TUF Dash F15 tersedia dalam dua warna, Moonlight White dan Eclipse Gray. Untuk TUF Dash F15 dengan prosesor Intel® Core™ i7-11370H Generasi ke-11, ASUS melegonya seharga Rp31 juta per unit.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)