Xiaomi Butuh 3 Tahun Hanya untuk Ganti Logo Jadi Lebih Bulat

Minggu, 18 April 2021 - 23:05 WIB
loading...
Xiaomi Butuh 3 Tahun Hanya untuk Ganti Logo Jadi Lebih Bulat
Perbedaan paling terasa dari logo baru Xiaomi hanya bentuknya yang sebelumnya kotak, menjadi lebih bulat. Foto: dok Xiaomi
A A A
JAKARTA - Banyak yang sadar, banyak juga yang tidak menyadari bahwa Xiaomi kini mengusung logo baru.

Kenapa tidak sadar, karena ubahan dari logo baru tersebut bisa dibilanng cukup minim. Tapi, ternyata ada makna filosofi mendalam dibaliknya. Desain logo baru itu resmi diungkap pada 30 Maret 2021 silam. Desainernya adalah Kenya Hara, Presiden Nippon Design Center (NDC).



Kenya Hara mengubah logo Xiaomi yang dengan kontur lebih lembut dan bulat pada pojoknya yang semula berbentuk segi empat. Termasuk tipografi “Mi” yang didesain ulang, menjadikan logo baru lebih segar secara visual.

Xiaomi Butuh 3 Tahun Hanya untuk Ganti Logo Jadi Lebih Bulat

Warna korporat oranye tetap dipertahankan untuk terus menyampaikan geliat hidup dan semangat muda dari Xiaomi. Warna hitam dan perak juga digunakan sebagai warna tambahan untuk mengakomodasi lini produk high-end.

Superellipse
Xiaomi Butuh 3 Tahun Hanya untuk Ganti Logo Jadi Lebih Bulat

Dalam mendesain logo, Kenya Hara yang merupakan profesor Musashino Art University ini menggunakan formula matematika “superellipse”.

Di antara kemungkinan tanpa batas antara bentuk kotak dan lingkaran, Kenya menerapkan variabel n=3 untuk mendapat keseimbangan sempurna serta melambangkan aspek inti dari “Hidup”.

Dibandingkan dengan objek yang memiliki sudut siku-siku, lingkaran adalah bentuk yang dianggap lebih dinamis yang tepat untuk mewakili Xiaomi yang fleksibel.

Tidak sekadar desain, tapi Kenya juga menawarkan pendekatan filosofis yakni “Hidup”. Hal ini untuk menggambarkan produk inovatif dari Xiaomi telah menghadirkan kenyamanan dan memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan hidup yang lebih baik lagi serta mampu mengakomodasi perubahan di lingkungannya.

Konsep “Hidup” menerjemahkan filosofi yang dianut Xiaomi secara visual: manusia yang hidup, teknologi yang diciptakan oleh manusia, sehingga teknologi pada akhirnya melayani kebutuhan hidup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)