Ya Ampun, Kelangkaan Chip Diprediksi Akan Lanjut Sampai 2022

Sabtu, 17 April 2021 - 20:05 WIB
loading...
Ya Ampun, Kelangkaan Chip Diprediksi Akan Lanjut Sampai 2022
Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) yang membuat prosesor untuk Apple, Qualcomm, AMD. Foto: dok Getty Images
A A A
JAKARTA - Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) yang membuat prosesor untuk Apple, Qualcomm, AMD, dan banyak perusahaan teknologi konsumen besar lainnya memperingatkan bahwa kekurangan chip dapat bertahan hingga 2022 mendatang.

"Kami melihat permintaan terus tinggi," kata CEO TSMC CC Wei kepada The Verge, Sabtu (17/4).



“Pada 2023, kami berharap dapat menawarkan lebih banyak kapasitas untuk mendukung pelanggan kami. Pada saat itu, kami akan mulai melihat ketatnya rantai pasokan," sambungnya.

Komentar Wei mencerminkan prediksi yang dibuat oleh CEO baru Intel Pat Gelsinger awal pekan ini, yang memperingatkan bahwa perlu beberapa tahun untuk mengatasi kekurangan chip secara global.

Demikian pula CFO Nvidia Colette Kress yang baru-baru ini mengatakan bahwa produsen kartu grafis mengharapkan permintaan akan terus melebihi pasokan tahun ini.

Kekurangan chip global memang telah berdampak pada semua industri mulai dari pembuat mobil hingga produsen konsol game.

TSMC mengatakan, khusus chip untuk mobil, pasokan chip akan meningkat pada kuartal berikutnya.



Kendati demikian, TSMC, Intel, dan Nvidia menunjukkan bahwa secara keseluruhan kekurangan chip secara masif dan skala lebih luas sepertinya tidak akan mereda dalam waktu dekat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4315 seconds (0.1#10.140)