Ya Ampun, Kelangkaan Chip Diprediksi Akan Lanjut Sampai 2022

Sabtu, 17 April 2021 - 20:05 WIB
loading...
Ya Ampun, Kelangkaan Chip Diprediksi Akan Lanjut Sampai 2022
Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) yang membuat prosesor untuk Apple, Qualcomm, AMD. Foto: dok Getty Images
JAKARTA - Produsen chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC) yang membuat prosesor untuk Apple, Qualcomm, AMD, dan banyak perusahaan teknologi konsumen besar lainnya memperingatkan bahwa kekurangan chip dapat bertahan hingga 2022 mendatang.

"Kami melihat permintaan terus tinggi," kata CEO TSMC CC Wei kepada The Verge, Sabtu (17/4).

BACA JUGA: POCO X3 Pro Dipastikan Masuk Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasinya

“Pada 2023, kami berharap dapat menawarkan lebih banyak kapasitas untuk mendukung pelanggan kami. Pada saat itu, kami akan mulai melihat ketatnya rantai pasokan," sambungnya.

Komentar Wei mencerminkan prediksi yang dibuat oleh CEO baru Intel Pat Gelsinger awal pekan ini, yang memperingatkan bahwa perlu beberapa tahun untuk mengatasi kekurangan chip secara global.



Demikian pula CFO Nvidia Colette Kress yang baru-baru ini mengatakan bahwa produsen kartu grafis mengharapkan permintaan akan terus melebihi pasokan tahun ini.

Kekurangan chip global memang telah berdampak pada semua industri mulai dari pembuat mobil hingga produsen konsol game.

TSMC mengatakan, khusus chip untuk mobil, pasokan chip akan meningkat pada kuartal berikutnya.

BACA JUGA: Erajaya: Selama Pandemi 2020 Penjualan Drone Naik 30 Persen

Kendati demikian, TSMC, Intel, dan Nvidia menunjukkan bahwa secara keseluruhan kekurangan chip secara masif dan skala lebih luas sepertinya tidak akan mereda dalam waktu dekat.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE