Siap Sahur Pertama Ramadan? Begini Tips Jaga Makanan Tetap Segar di Kulkas

Senin, 12 April 2021 - 19:05 WIB
loading...
Siap Sahur Pertama Ramadan? Begini Tips Jaga Makanan Tetap Segar di Kulkas
Agar makanan lebih awet, pengaturan suhu kulkas dijaga pada 5 derajat celcius atau lebih rendah, dan suhu freezer di bawah -15 derajat. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Karena masih banyak yang menjalankan work from home (WFH), otomatis durasi memasak di rumah lebih tinggi di Ramadan 2021. Maka, menjadi penting untuk menjaga nutrisi bahan makanan di kulkas tetap tinggi. Bagaimana caranya?

Senior Product Marketing Manager Home Appliances, Samsung Electronics Indonesia Hendry Wijaya mengatakan, menyiapkan makanan bernutrisi cukup menantang. Sebab, bahan makanan segar umumnya mudah layu atau busuk.



”Akhirnya kita harus sering membeli bahan makanan dan langsung mengolahnya sebelum dikonsumsi. Sehingga menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja dan memasak,” ujarnya.

Siap Sahur Pertama Ramadan? Begini Tips Jaga Makanan Tetap Segar di Kulkas

Karena itu, Samsung mengenalkan Kulkas 2 Pintu dengan teknologi Twin Cooling Plus. Tujuannya, untuk menyimpan bahan makanan lebih lama dan kesegarannya terjaga.

Kulkas 2 Pintu Samsung telah tersedia dalam kapasitas 321 hingga 620 liter. Banderolnya Rp5.299.000 (tipe RT32K5032S8/SE) sampai dengan Rp9.899.000 (tipe RT62K7011BS/SE). ”Karena pendinginannya merata, maka bahan makanan tetap segar, dan konsumen tidak perlu sering-sering berbelanja,” ujar Hendry.

Nah, berikut tips menyimpan makanan di kulkas agar nutrisinya terjaga:

1. Pertahankan Kesegaran Makanan
Sayuran seperti seledri, brokoli, atau selada, bisa disimpan dalam aluminium foil. Pisang dapat dibungkus bagian pangkalnya dengan plastik. Nah, yang unik teknologi Twin Cooling Plus dengan freezer dan refrigerator di kulkas Samsung memiliki sistem pendingin masing-masing.

Dampaknya, kulkas dapat menyimpan buah-buahan dan sayuran dua kali lebih lama. Bahkan, 15 hari lebih lama dibanding kulkas biasa. Sudah dicoba di kol, jeruk nipis, lemon, blueberry dan tomat.

2. Temperatur Tepat
Agar makanan lebih awet, pengaturan suhu kulkas dijaga pada 5⁰C atau lebih rendah, dan suhu freezer di bawah -15⁰C untuk mengoptimalkan penyimpanan makanan yang lebih lama.

Kulkas 2 Pintu Samsung diklaim memiliki sirkulasi pendinginan lebih merata, hingga ke setiap pojok kompartemen. Hampir tidak ada bagian kompartemen yang tidak terjangkau aliran udara kulkas.

Dengan begitu, bahan makanan yang disimpan di bagian pojok kompartemen pun tetap memiliki tingkat kesegaran sama.

3. Pilah dan Pisahkan Makanan
Untuk menghemat waktu, teknik meal prep bisa dicoba. Yakni menetapkan menu dan menyiapkan makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Sehingga menghemat waktu memasak.

Siap Sahur Pertama Ramadan? Begini Tips Jaga Makanan Tetap Segar di Kulkas

Namun, makanan di dalam kulkas harus dipilah-pilah dan disimpan terpisah, karena bakteri dari makanan mentah dapat mencemari makanan lain. Makanan mentah sebaiknya disimpan dalam wadah terpisah dan tertutup. Sayuran, buah-buahan, daging, harus disimpan di wadah terpisah.

Kompartemen bisa disusun sesuai keinginan di kulkas Samsung yang diklaim berkapasitas hingga 620 liter (tipe RT62). Tempat pembuat es batu juga bisa dipindah-pindahkan, supaya lebih mudah mengatur penyimpanan di dalam freezer.

Kulkas ini juga memiliki filter karbon yang dilapisi oleh jaring antibakteri. Sistem penyaringan ini mampu mensterilisasi hingga 99,9% bakteri dan menghilangkan 93% bau.

4. Jangan Campur Makanan dan Non-Makanan
Kulkas biasa digunakan untuk penyimpanan bahan non-makanan seperti obat-obatan atau kosmetik yang membutuhkan penyimpanan suhu khusus. Jangan letakkan benda-benda ini di dekat makanan jadi atau bahan makanan agar tidak terjadi kontaminasi. Gunakan multi storage basket yang tersedia untuk menyimpan berbagai benda secara terpisah, dan dapat dilepas pasang dengan mudah.

5. Manfaatkan Fitur Canggih
Fitur Smart Conversion pada Kulkas 2 Pintu Samsung membuat pengguna dapat mengaktifkan freezer dan refrigerator sesuai kebutuhan. Ada beberapa mode pengoperasian, sesuai kebutuhan, yaitu: regular mode, energy saving, vacation mode, fridge max mode, dan mini fridge mode.



Sebagai contoh, ketika keluarga ingin memperbanyak menu sayur dan buah, kompartemen freezer dapat diubah menjadi ruang kulkas tambahan melalui fridge max mode.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2873 seconds (0.1#10.140)