Gelang Cerdas Bisa Cegah Sesak Napas Saat Berolahraga

Jum'at, 09 April 2021 - 18:05 WIB
loading...
Gelang Cerdas Bisa Cegah Sesak Napas Saat Berolahraga
Sensor optik internal yang ada di OPPO Band dapat memantau detak jantung penggunanya sepanjang waktu bahkan saat melakukan aktivitas olahraga. Foto: dok OPPO Indonesia
A A A
JAKARTA - Menjaga diri saat berolahraga kini menjadi hal penting, sebab jangan sampai kita berolahraga mencari sehat malah mendapat bencana. Misalnya saja, disaat sedang berlari atau bersepeda terasa sesak napas dan lemas. Hal itu bisa merupakan keluhan umum ketika sedang berolahraga atau beraktivitas berat. Tapi, bisa juga mejadi kode tubuh untuk memperlambat ritme olahraga dan beristirahat.



Kekurangan oksigen dalam darah terjadi karena tubuh terlalu dipaksa untuk beraktivitas melebihi batas. Dampak yang terjadi jika kadar oksigen dalam darah berkurang yakni napas pendek-pendek atau sesak napas, sampai melemahnya kinerja otak dan jantung.

Jika tidak segera ditangani, efek kekurangan oksigen bisa menjalar ke otak. Akibatnya, aktivitas fisik akan terganggu, dan akan merasakan sakit pada bagian dada karena jantung tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup. Kondisi ini akan semakin parah karena semakin banyak sel tubuh rusak karena kurangnya asupan oksigen.

Nah, untuk mengecek berapa kadar oksigen dalam darah saat melakukan aktivitas berat, bisa menggunakan perangkat terbaru wearable smart device. Salah satunya OPPO Band.

Perangkat berupa gelang cerdas ini didukung dengan aplikasi Hey Tap Health yang dapat memantau waktu tidur lebih akurat, detak jantung, dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) setiap detiknya bahkan saat kondisi tidur.

Sensor optik internal yang ada di OPPO Band dapat memantau detak jantung penggunanya sepanjang waktu bahkan saat melakukan aktivitas olahraga. Apabila irama detak jantung berubah terlalu tinggi, maka OPPO Band akan bergetar untuk memperingatkan pengguna tentang detak jantung yang tidak teratur.

Pengguna juga dapat menghindari latihan yang berlebihan agar kerja jantung tidak terlalu terforsir. Fitur pengukur detak jantung ini membantu pengguna menentukan kebiasaan tidur. Selain untuk mendukung kegiatan olahraga, OPPO Band juga dapat berfungsi sebagai penghubung aktivitas di smartphone. Pengguna dapat menerima pesan dan pemberitahuan panggilan, mengontrol pemutaran musik, dan bahkan menemukan ponsel mereka melalui OPPO Band.



Gelang cerdas ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 100mAh dan dapat diisi penuh hanya dalam 1,5 jam dan menyajikan waktu siaga selama 12 hari penggunaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)