Bisnis Naik 70% di 2020, Fitur dan Teknologi Qlue Terus Dikembangkan

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:56 WIB
loading...
Bisnis  Naik 70% di 2020, Fitur dan Teknologi Qlue Terus Dikembangkan
Qlue Perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia, merayakan ulang tahun ke-5 Rabu 31/3/2021. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Qlue perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia, merayakan ulang tahun ke-5 dengan sejumlah pencapaian yang signifikan. Pada 2020 lalu, Qlue sukses mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 70% dibandingkan tahun sebelumnya.

Rama Raditya selaku Founder & CEO of Qlue mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengembangkan teknologi yang sudah hadir pada Qlue.

Teknologi Artificial Intelligence (Al) dan Internet of Things (IoT) sendiri terdiri dari Qlue Dashboard, Qlue Sense, Qlue Thermal, Qlue Work, dan Qlue Vision. “Meskipun namanya banyak, tapi mekanisme produk Qlue jadi satu kesatuan. 'Bisa dibilang produk kami telah memberikan dampak positif,” ujar Rama dalam keterangan persnya secara Virtual, Rabu 31/3/2021

Salah satu fitur yang kini sangat membantu masyarakat ialah fitur laporan yang berkaitan dengan fasilitas publik seperti adanya titik banjir, pungutan liar, pelanggaran, jalan rusak, dan masih banyak lagi. Rama menuturkan bahwa laporan-laporan masyarakat pada aplikasi Qlue akan direspon petugas terkait kurang lebih 2-3 jam.

“Ada laporan notifikasi ke pengguna. Benar-benar mengubah transformasi digital pelanggan. Begitu ditindak lanjut ada laporan juga ke notifikasi pengguna. Ini transparansi untuk publik, seluruh kota. Harapannya bisa membentuk Indonesia yang lebih aman,” terangnya.

Beralih ke Qlue Thermal, fitur ini telah banyak membantu pemerintah dan gedung-gedung perkantoran umum guna menekan penyebaran COVID-19 dengan melakukan tes PCR secara langsung kepada pengunjung di tempat.

Sementara itu, Andre Hutagalung selaku Co-Founder dan CTO of Qlue juga turut mengungkapkan bahwa teknologi yang sudah diterapkan oleh Qlue di tahun 2020 antara lain face recognition, people counting, LPR, dan VCC & Illegal Parking.

Untuk ke depannya, Qlue dikabarkan akan mengeluarkan teknologi terbaru bernama Smart Mobility yang masuk ke dalam Qlue Sense dimana lampu lalu lintas akan disesuaikan dengan jumlah mobil. “Kalau sekarang berdasarkan jadwal, kendaraan sedikit timer lampu hijau sebentar, sehingga bisa menguras kemacetan,” tutur Andre.

Setelah sukses menghadirkan solusi pendukung penerapan protokol kesehatan di era new normal, Qlue tetap melanjutkan pengembangkan solusi pendukung smartcity lainnya.

“Tahun inijuga kami coba untuk fokus pada pengembangan solusi lain yang sudah kami rencanakan dalam Roadmap, termasuk Smart Environment yang difokuskan untuk memperbaiki kualitas udara dan Smart Traffic Management untuk meningkatkan mobilitas di perkotaan. Selain itu, kami juga sedang mengembangkan sebuah platform untuk mempermudah penggunaan solusi AI (artificial intelligence) Qlue agar bisa dijangkau pelaku bisnis skala kecil hingga besar sesuai kebutuhan masing-masing,” tambah Andre.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)