Saylist, Fitur Baru Apple Music untuk Bantu Terapi Wicara

Jum'at, 26 Maret 2021 - 18:35 WIB
loading...
Saylist, Fitur Baru Apple Music untuk Bantu Terapi Wicara
Dua Lipa menjadi salah satu penyanyi yang lagunya termasuk dalam algoritma Saylist. Foto: Getty Images
A A A
CUPERTINO - Apple Music menjalin kerja sama dengan label rekaman Warner Music dan Accenture Interactive's Rothco untuk menghadirkan fitur Saylist di platform streaming musik miliknya.

Menurut laporan dari BBC, Saylist merupakan kumpulan playlist yang berisi musik-musik pilihan untuk membantu kaum muda dengan gangguan bunyi bahasa atau speech-sound disorder (SSD).



Apple Music menggunakan algoritma yang diciptakan oleh Rothco untuk memindai seluruh lagu di database-nya.

Algoritma ini nantinya akan memilih lagu yang memiliki pola lirik berulang yang biasa digunakan dalam pelatihan pidato. Lewat cara ini pula memungkinkan pendengar untuk bernyanyi bersama sebagai bentuk terapi wicara.

Lewat fitur ini dinilai juga bisa membuat anak-anak dengan SSD mengulangi suku kata, kata, dan frasa yang dianggap sebagai salah satu strategi terapeutik paling sukses.

Pengulangan yang terlibat bisa membosankan dan melelahkan bagi anak-anak, itulah sebabnya "Saylists" dirancang untuk menambahkan elemen yang menyenangkan dan menarik.

Sejauh ini, algoritme telah memilih 173 lagu yang memenuhi kriterianya, termasuk "Don't Start Now" dari Dua Lipa, "Good As Hell" dari Lizzo, dan "Right Here, Right Now" dari Fatboy Slim.



Saylists hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan hanya dapat diakses oleh pelanggan ‌Apple Music‌ di Inggris. Masih belum diketahui apakah program itu akan diperluas secara global.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)