Dua Solusi Ini Kunci Perusahaan Berhasil Jalankan Transformasi Digital

Kamis, 25 Maret 2021 - 11:51 WIB
loading...
Dua Solusi Ini Kunci Perusahaan Berhasil Jalankan Transformasi Digital
Schneider mengingatkan sektor industri, pentingnya integrasi antara teknologi operasional dan teknologi informasi untuk mengoptimalkan transformasi digitalnya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Schneider Electric menegaskan komitmennya mendukung sektor industri di Indonesia dalam percepatan pemulihan bisnis pascapandemik. Percepatan itu dilakukan melalui solusi pengelolaan kinerja aset digital dan solusi industrial edge untuk pengelolaan data yang terintegrasi, andal, efisien dan berkelanjutan.

Schneider juga mengingatkan sektor industri, pentingnya integrasi antara teknologi operasional (OT) dan teknologi informasi (IT) untuk mengoptimalkan transformasi digitalnya.

Hal tersebut diungkapkan pada acara media virtual bertajuk “Optimalisasi Asset Digital untuk Percepatan Pemulihan Bisnis Pasca Pandemi” yang menghadirkan sejumlah pembicara. Antara lain, Bambang Riznanto, Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Jasa Industri Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia; Wilbertus Darmadi, Chief Information Officer Toyota Astra Motor; Ronny Siswanto, Head of IT Enterprise Sales Schneider Electric Indonesia; dan Fadli Hamsani, Country Digital Transformation Schneider Electric Indonesia, Rabu (24/3/2021).

Pandemik telah mendorong dilakukannya transformasi ekonomi, di mana peran teknologi digital menjadi sangat penting di samping upaya percepatan perizinan, penyederhanaan birokrasi serta reformasi regulasi.

Bambang Riznanto, Fungsional Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Jasa Industri Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI), Kementerian Perindustrian, mengatakan, masa pandemik menjadi titik balik bagi sektor industri untuk mengambil langkah berani dalam pengadopsian teknologi digital. Ini demi memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan operasional menghadapi berbagai kondisi.

"Hal yang harus diingat pelaku industri adalah teknologi yang telah diimplementasikan ini harus dikelola dan dirawat dengan baik, agar biaya investasi yang telah dikeluarkan menghasilkan Return of Investment yang maksimal untuk produktivitas dan profitabilitas perusahaan,” katanya.

Dikatakannya, pemanfaatan teknologi digital mendukung sektor industri dalam pengambilan keputusan yang cepat, akurat dan berwawasan berdasarkan data real-time. Hal itu akan meningkatkan efisiensi dan kinerja melalui pengelolaan risiko bisnis dan operasional yang efektif.

"Strategi pengelolaan aset digital menjadi faktor krusial untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja asset; melakukan tindakan preventif sebelum terjadi kegagalan operasional melalui kemampuan analisis prediktif; meningkatkan keamanan dan keselamatan staf dan asset; serta meningkatkan efisiensi biaya perbaikan atau penggantian asset akibat kerusakan secara tiba-tiba," paparnya.

Terdapat empat faktor yang harus dipenuhi dalam strategi pengelolaan aset digital. Yaitu, memastikan ketersediaan (availability) infrastruktur edge dalam kegiatan operasional secara real time dan transparan, memiliki sistem backup and recovery plan yang terintegrasi, memastikan adanya perlindungan sistem dan peralatan listrik yang baik untuk menjaga performa aset, dan memiliki sistem
keamanan fisik dan edge yang terbaik.

“Schneider Electric bekerja sama dengan AVEVA menyediakan solusi Asset Strategy Optimization yang membantu sektor industri dalam meningkatkan kinerja aset. Perangkat lunak tersebut menghasilkan strategi pengelolaan dan pemeliharaan aset digital yang dioptimalkan disesuaikan strategi dan tujuan bisnis perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)