Topps Bikin Kartu Hina BTS, Warganet Baper, #StopAsianHate Banjiri Twitter

Kamis, 18 Maret 2021 - 17:05 WIB
loading...
Topps Bikin Kartu Hina BTS, Warganet Baper, #StopAsianHate Banjiri Twitter
Kartu trading card anggota BTS yang digambarkan babak belur dihujam piala Grammy Awards dianggap berlebihan dan rasis. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tagar #StopAsianHate dan #RacismIsNotComedy menjadi bahasan yang ramai dibicarakan di Twitter sejak Rabu malam (17/3). Hingga saat ini ada ratusan ribu twit yang memenuhi lini masa Twitter.

Dalam penelusuran MNC Portal Indonesia, kedua tagar tersebut disuarakan warganet terhadap penolakan atas tindakan rasialisme warga keturunan Asia yang tinggal di Amerika Serikat.



Usut punya usut, tagar tersebut mencuat karena perusahaan pembuat permainan kartu Topps meluncurkan seri trading card terbaru yang Garbage Pail Kids bertema Shammy Awards. Topps sendiri dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai aksesoris, misalnya kartu koleksi baseball, dan lainnya.

Topps Bikin Kartu Hina BTS, Warganet Baper, #StopAsianHate Banjiri Twitter

Nah, salah satu kartu di Garbage Pail Kids itu memperlihatkan karikatur wajah personil BTS, grup musik asal Korea Selatan, yang digambarkan babak belur dalam permainan Whack-A-Mole (permainan memukul tikus tanah), dengan piala Grammy sebagai palunya.

Gara-gara itu, warganet baper. Bissa jadi wajar, karena isu kekerasasn terhadap warga keturunan Asia sekarang sedang meningkat. Maka, kartu satir Grammy Awards yang seharusnya lucu itu menjadi tidak lucu dan bahkan membuat tersinggung banyak orang.

Karikatur tersebut langsung mendapat banyak kecaman dari warganet, apalagi dari para penggemar K-Pop. YouTuber bernama Jose Ochoa yang melakukan aksi protes lewat cuitannya yang mepertanyakan kepada majalah tersebut apa maksud di balik gambar tersebut.

“@ToppsBisakah Anda menjelaskan mengapa Anda memilih untuk menggambarkan BTS seperti ini? Artis lain yang Anda sertakan tidak memiliki gambaran kekerasan dalam ilustrasi mereka. Mengapa ilustrasi ini bisa lolos? ” cuitnya.

"Aku suka yang satir, tapi adakah cara lain unutk menggambarkan BTS di Grammy. Dengan banyaknya anti-Asian Hate Crimes, kalian malah memilih untuk mengilustrasikan mereka babak belur gara-gara Grammy dalam permainan whac-a-mole..." lanjutnya.

Warganet lain juga menanggapi hal yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3043 seconds (0.1#10.140)