Mengenal Lou Ottens, Penemu Pita Kaset Audio dan CD

Minggu, 14 Maret 2021 - 20:04 WIB
loading...
Mengenal Lou Ottens, Penemu Pita Kaset Audio dan CD
Ilustrasi pita kaset Slank. FOTO/ IST
LONDON - Lou Ottens , insinyur berkebangsaan Belanda yang berjasa menciptakan kaset dan memiliki peran utama dalam pengembangan CD pertama.

Sang insinyur meninggal dunia pada usia 94 tahun di kampung halamannya di desa Duizel, Brabant Utara, Belanda.

Sebagai manajer pengembangan produk di Philips, Ottens telah dua kali turut merevolusi dunia musik. Namun ia tetap tampil sederhana hingga akhir hayatnya.

BACA JUGA - Fakta Temuan Gunung Emas di Kongo, Sungai Eufarat dan Akhir Zaman



Ottens lahir pada 21 Juni 1926, dan mulai menunjukkan minat awal dalam bidang teknik. Sebagai seorang remaja alih-alih hanya bermain, dia memilih untuk membangun radio di mana ia dan orang tuanya dapat menerima Radio Oranje selama pendudukan Jerman di masa perang di Belanda.

Dia melengkapi perangkat dengan antena pengarah yang dia sebut "filter Jerman" karena bisa menghindari pengacau yang digunakan oleh rezim Nazi saat itu.

Setelah perang, Ottens memperoleh gelar teknik, kemudian dia mulai bekerja di pabrik Philips di Hasselt, Belgia, pada tahun 1952.

Delapan tahun kemudian Ottens dipromosikan menjadi kepala departemen pengembangan produk perusahaan yang baru didirikan, dan dalam satu tahun dia meluncurkan EL 3585, tape recorder portabel pertama Philips, yang terjual lebih dari satu juta unit.

Dua tahun kemudian Ottens membuat terobosan terbesar dalam hidupnya - lahir dari kekesalan dengan sistem pita reel-to-reel pada saat itu.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE