Begini Cara DOKU Fasilitasi Pedagang Pasar Agar Lebih Melek Digital

Selasa, 09 Maret 2021 - 16:11 WIB
loading...
Begini Cara DOKU Fasilitasi Pedagang Pasar Agar Lebih Melek Digital
DOKU memperkuat sinergi Bank Mandiri dan MKP Mobile Semarang untuk mendorong digitalisasi transaksi di PD. Pasar Singaraja. Foto-foto: dok DOKU
A A A
SEMARANG - DOKU , Bank Mandiri dan MKP Mobile Semarang untuk meluncurkan sistem e-retribusi di PD. Pasar Singaraja.

Dengan sistem e-retribusi, para pedagang di pasar Banjar dan pasar Seririt dapat membayarkan iuran bulanan secara non-tunai dengan pilihan metode bayar menggunakan scan QRIS DOKU atau Mandiri e-money.

Caranya mudah, cukup memindainya pada mesin POS digital yang disediakan oleh MKP Mobile Semarang.

Direktur Utama PD. Pasar Singaraja Made Agus Yudirsana mengatakan, digitalisasi transaksi penting dalam menopang laju perdagangan di era new normal.

Dengan demikian PD. Pasar memprioritaskan penerapan sistem e-retribusi untuk menjaga agar transaksi di pasar rakyat tetap nyaman, mudah dan minim interaksi fisik. ”Agar sektor perdagangan terus bergairah di tengah pandemi,” ujar Made Agus.

Adapun mitra perbankan dari PD. Singaraja, Bank Mandiri Singaraja berupaya menfasilitasi interaksi kegiatan terkait keuangan antara PD. Pasar Singaraja, pasar-pasar dibawah naungannya dan juga para pedagang yang berjualan di pasar-pasar tersebut.

Begini Cara DOKU Fasilitasi Pedagang Pasar Agar Lebih Melek Digital

Pedagang di pasar rakyat Banjar dan pasar Seririt di dorong untuk melakukan transaksi mengedepankan protokol kesehatan dan mengurangi kontak secara fisik.

Untuk mewujudkan penerapan sistem e-retribusi di kedua pasar tersebut, Bank Mandiri Cabang Singaraja menggandeng MKP Mobile Semarang sebagai penyedia mesin POS digital yang didukung oleh DOKU sebagai agregator metode pembayaran sekaligus penyelenggara QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang memegang lisensi Bank Indonesia.

Luh Putu Yuni Hartini, Branch Manager Bank Mandiri Cabang Singaraja menyebut bahwa lewat digitalisasi, pasar bisa menjadi potensi penambah pendapatan PD Pasar Singaraja karena mereka bisa membayar retribusi menggunakan sistem, sehingga pencatatannya rapi dan bisa lebih dipertanggungjawabkan.

”Supaya identitas setiap pedagang tidak terkompromi, kode QRIS statis yang dikeluarkan oleh DOKU untuk setiap pedagang bersifat unik, walaupun secara kasat mata nampak sama,” bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3543 seconds (0.1#10.140)