Hiii... Aplikasi Deep Nostalgia Mampu Hidupkan Orang Mati

Minggu, 07 Maret 2021 - 21:10 WIB
loading...
Hiii... Aplikasi Deep Nostalgia Mampu Hidupkan Orang Mati
Sejak peluncurannya pada 25 Februari 2021 lalu, Deep Nostalgia telah digunakan untuk menggerakan lebih dari 10 juta wajah, hanya dalam waktu dua pekan. Foto: Ist.
A A A
JAKARTA - Belakangan ini aplikasi deep fake bernama ' Deep Nostalgia ' dari MyHeritage tengah viral di media sosial. Aplikasi ini diklaim mampu 'membangkitkan' orang mati dari sebuah foto.

Cara kerjanya sederhana, foto lama yang diunggah ke dalam aplikasi bisa dibuat bergerak, seperti menengok, tersenyum, dan mengedipkan mata.



"Beberapa orang menyukai fitur Deep Nostalgia dan menganggapnya ajaib, sementara yang lain menganggapnya menyeramkan dan tidak menyukainya," tulis MyHeritage, dikutip dari 9News, Minggu (9/3).

Sejak peluncurannya pada 25 Februari 2021 lalu, Deep Nostalgia telah digunakan untuk 'menggerakan' lebih dari 10 juta wajah, hanya dalam waktu dua pekan.

Newsweek melaporkan, untuk menjalankan aplikasinya, Deep Nostalgia menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI). MyHeritage telah menggunakan perangkat lunak untuk menganimasikan foto-foto yang diunggah.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu 'menghidupkan' apa pun yang memiliki wajah, termasuk lukisan potret dan patung. Selama ini teknologi deepfake sering digunakan untuk membuat wajah palsu dari dua orang yang berbeda dalam sebuah video dengan mulus.



Seiring dengan popularitasnya, Deep Nostalgia menjadi aplikasi gratis yang paling banyak diunduh melalui App Store dan Play Store.

Perusahaan mengatakan tidak berharap Deep Nostalgia menjadi begitu populer. Penggunaan yang sangat besar membuat fitur ini mengalami masalah stabilitas dalam beberapa hari pertama setelah dirilis. Namun, MyHeritage mengatakan kini telah membaik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)