Kelas Pintar Hadirkan Fitur Sekolah untuk Belajar Online

Senin, 18 Mei 2020 - 23:27 WIB
loading...
Kelas Pintar Hadirkan Fitur Sekolah untuk Belajar Online
Fitur Sekolah dari Kelas Pintar memiliki enam menu yang bisa digunakan selama pembelajaran berlangsung. Keenam menu tersebut adalah Kelas, Pekerjaan Rumah (PR), Project, Tugas, Ujian dan Monitoring. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Platform solusi belajar online , Kelas Pintar, meluncurkan fitur baru yang diberi nama ' Sekolah '. Lewat fitur ini para siswa dan guru bisa mendapatkan pengalaman belajar layaknya di sekolah. (Baca juga: Pemerhati Pendidikan: Sebaiknya Ajaran Baru Diundur Mulai Awal 2021 )

Fitur ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Kelas Pintar mulai 18 Mei 2020. "Selama ini memang banyak platform yang menyediakan media untuk belajar dari rumah. Tapi apakah benar-benar dirancang untuk kegiatan belajar mengajar?" kata Founder Kelas Pintar, Fernando Uffie, saat konferensi pers via Zoom, Senin (18/5/2020).

"Dengan ini kami bangga meluncurkan fitur sekolah yang memang di desain untuk pendidikan," katanya lagi.

Fitur Sekolah memiliki enam menu yang bisa digunakan selama pembelajaran berlangsung. Keenam menu tersebut adalah Kelas, Pekerjaan Rumah (PR), Project, Tugas, Ujian dan Monitoring.

Keenam menu tersebut memiliki fungsi berbeda-beda dengan tujuan menunjang proses belajar mengajar secara online. Misalnya menu Kelas yang memungkinkan guru untuk menggelar tatap muka virtual secara realtime.

Guru pun dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau berbagi layar (share screen) pada siswanya.

Sementara pada menu Ujian, guru bisa dengan mudah membuat ujian online dan siswa dapat mengerjakan secara langsung soal ujiannya. Guru dapat membuat soal sendiri atau menggunakan bank soal Kelas Pintar. Terdapat fasilitas laporan hasil ujian yang bisa diperoleh secara realtime oleh guru untuk mendapatkan hasil nilai ujian masing-masing siswa.

Ada lagi menu Monitoring yang bisa digunakan guru untuk bisa melihat aktifitas belajar siswa di rumah secara online, aktifitas komputer siswa, bahkan dapat langsung memberikan instruksi, peringatan dan pengumuman.

Pengawasan ini pun tercatat dan guru akan mendapatkan aktifitas (LOG) dari penggunaan menit ke menit serta dapat melihat hasil laporan rekaman pengawasan siswa. Dengan demikian, Guru dapat memastikan bahwa soal ujian yang diberikan, benar-benar dijawab oleh siswa.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)