3 Pelatihan di Prakerja yang Bisa Dongkrak Kemampuan Bahasa Inggris Peserta

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:38 WIB
loading...
3 Pelatihan di Prakerja yang Bisa Dongkrak Kemampuan Bahasa Inggris Peserta
Di dalam program Prakerja terdapat beberapa operator bahasa Inggris yang dapat diakses di Prakerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pendaftaran kartu Prakerja sudah dibuka lagi untuk gelombang ke-12 pada 22 Februari 2021. Mereka yang terdampak pandemik COVID-19 bisa memanfaatkannya untuk mengakses bantuan biaya pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas kerja penerima sasaran yang berusia 18 tahun ke atas.

Bukan hanya itu, mereka yang tidak bersekolah/universitas atau yang kehilangan pekerjaan akibat situasi pandemik juga bisa mengaksesnya. Bantuan ini diberikan kepada peserta hanya sekali seumur hidup.

Salah satu pelatihan yang diberikan bahkan populer di gelombang sebelumnya adalah penguasaan bahasa asing (bahasa Inggris). Kemampuan berbahasa asing menjadi tambahan softskill yang signifikan dan dibutuhkan di berbagai perusahaan, khususnya perusahaan asing.

Di dalam program Prakerja terdapat beberapa operator bahasa Inggris yang dapat diakses peserta. Berikut rekomendasi teratas program berdasarkan gelombang-gelombang sebelumnya :

1. EF English Center
EF Smart English adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan Anda mempelajari bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga didukung oleh aplikasi pembelajaran bahasa Inggris online. Sistem ini merupakan siklus belajar dengan sertifikat 'belajar - coba - terapkan' yang dirancang untuk membantu siswa membangun dan memperkuat kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

English First juga menyediakan tiga jenis kursus bahasa Inggris seperti Umum, Bisnis, dan Industri. Penerapannya juga bisa dipersempit ke perbankan, logistik, pariwisata, militer dan sebagainya.

Nah di dalam program Kartu Prakerja terdapat fitur yang memberikan pelatihan bahasa menjadi mudah. Karena bisa disesuaikan untuk pengemudi ojek online, pariwisata, pencari kerja/lulusan baru dan jenis pekerjaan lainnya dengan paket 1 dan 3 bulan. Selain itu, Skills Academy menyediakan kelas TOEFL dan IELTS.

2. RuangGuru
Ruangguru merupakan salah satu operator pelatihan Bahasa Inggris yang banyak diminati pada Prakerja di gelombang – gelombang sebelumnya. Ruangguru menyiapkan lima kategori yang dapat dipilih para peserta prakerja guna meningkatkan Softskill peserta dalam berbahasa Inggris, Kategori Pengembangan Diri, Kategori Pemasaran, Kategori Bisnis, Kategori Persiapan Tes dan Kategori Teknologi.

Berbagai kategori tesebut memiliki kelas yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inssris peserta dengan kebutuhan para peserta itu sendiri, contoh kelas yang diberikan pada lima kategori tersebut seperti; kelas E-commerce, Programming, Tes TOEFL dan lain – lain.

3. NEO
NEO Study merupakan salah satu pelatihan bahasa Inggris yang terdapat di Prakerja. Pelatihannya diklaim sangat efektif dengan metode “5 Step Learning”.

Metode pembelajaran 5 langkah NEO membantu para peserta PraKerja dapat memanfaatkan sepenuhnya apa yang ditawarkan pada setiap pelajaran. Masing-masing dari 5 langkah tersebut adalah Preview-Reapeat-Record-Speak-Review. Neo study saat ini dapat diakses menggunakan kartu Prakerja melalui operator Pintaria dan maubelajarapa.

Ketermudahan dalam mendapatkan pelatihan dalam meningkatkan soft skill bagian dari mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompetensi, dan mencapai tujuan dari Prakerja sendiri yaitu, mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3901 seconds (0.1#10.140)