Aplikasi Berbasis E-Health SIMPATI Cegah Stunting di Sumedang

Rabu, 24 Februari 2021 - 06:59 WIB
loading...
Aplikasi Berbasis E-Health SIMPATI Cegah Stunting di Sumedang
Telkomsel bersama Pemkab Sumedang menghadirkan aplikasi e-Health SIMPATI (Sistem Pencegahan Stunting Terintegrasi) untuk mencegah stunting. Foto/Ist
A A A
SUMEDANG - Telkomsel membangun kolaborasi bersama Pemkab Sumedang melalui pemanfaatan teknologi digital. Kerja sama itu menghadirkan aplikasi e-Health SIMPAT I (Sistem Pencegahan Stunting Terintegrasi) yang merupakan wujud nyata dalam kelanjutan komitmen mendukung transformasi digital pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang.

Telkomsel berkomitmen terus memperkuat ekosistem gaya hidup digital di Indonesia melalui pengembangan konsep Device-Network-Application (DNA) yang dapat menghadirkan kontribusi berdampak positif bagi kemajuan bangsa. "Kini, aktivitas yang dihadirkan Telkomsel adalah melalui kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan menghadirkan sejumlah inisiatif program yang bertujuan untuk akselerasi dalam mewujudkan Kabupaten Sumedang menuju Happy Digital Region,” kata Direktur Human Capital Management Telkomsel R Muharam Perbawamukti.

Salah satu program unggulan yang telah diimplementasikan yakni melalui kehadiran platform E-Health SIMPATI. Ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan Telkomsel melalui program corporate social responsibility (CSR) sebagai upaya transformasi digital layanan operasional Posyandu dan Puskesmas di Kabupaten Sumedang.

Melalui dukungan tersebut, Telkomsel berharap dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam menekan angka prevalensi stunting di setiap tahunnya. Tentunya demi mewujudkan tujuan bersama yaitu keluarga yang lebih sehat dan produktif.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Telkomsel selama ini atas bantuan dan dukungan terhadap proses transformasi digital di Kabupaten Sumedang," puji Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Pihaknya terus bertekad untuk menjadi role model penerapan teknologi berbasis digital secara tepat guna, melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kabupaten Sumedang berniat mewujudkan Happy Digital Region yang muaranya adalah kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Muharam menjelaskan, e-Health SIMPATI adalah pengembangan sistem informasi terpadu yang telah terintegrasi dengan sistem Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Layanan berbasis aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan pendataan, pencatatan riwayat pemeriksaan ibu hamil dan anak, serta memberikan wawasan terkait status gizi anak untuk melakukan pencegahan stunting.

Guna memberikan dukungan tambahan dalam percepatan pemanfaatan platform layanan digital e-Health SIMPATI, Telkomsel juga menyerahkan bantuan perangkat pendukung berupa 300 unit gawai dan 1.700 paket layanan data KartuHALO TeamPlan guna menunjang membantu kenyamanan pemenuhan operasional komunikasi para kader Posyandu dan Puskesmas di Kabupaten Sumedang.

Pada acara peluncuran SPBE ini, turut hadir Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Dia sangat mengapresiasi capaian dan inisiasi yang dilakukan oleh Pemkab Sumedang. “Kami turut bangga atas kinerja Pemerintah Kabupaten Sumedang yang telah berinisiatif membuat sistem terintegrasi, khususnya di bidang kesehatan dalam program pencegahan stunting," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan untuk memberikan percepatan pelayanan publik. "Semoga semangat dan inovasi digital dapat terus ditingkatkan untuk Indonesia yang lebih maju,” harapnya.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan pemasangan alat body thermal sensor berbasis teknologi Internet of Things (IoT) untuk diimplementasikan di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang. Anak usaha Telkom ini juga turut menghadirkan paket layanan khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

Melalui paket tersebut, para ASN akan mendapatkan kemudahan dalam penyediaan paket internet dan kuota conference dengan harga terjangkau. Ini demi mendukung aktivitas operasional Pemkab Sumedang.

“Dengan didukung lebih dari 890 BTS di Kabupaten Sumedang, yang sebagian besar sudah berteknologi broadband terdepan 4G LTE, jaringan Telkomsel akan siap melayani kebutuhan komunikasi dan memastikan pemerataan akses broadband yang inklusif dan berkelanjutan untuk masyarakat Sumedang,” pungkas Muharam.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)