Aplikasi goKampus Permudah Mahasiswa Mendaftar di Ratusan Perguruan Tinggi

Jum'at, 17 April 2020 - 21:11 WIB
loading...
Aplikasi goKampus Permudah Mahasiswa Mendaftar di Ratusan Perguruan Tinggi
Aplikasi goKampus mempermudah siswa-siswi SMA/SMK untuk mendaftar di universitas yang diinginkan di saat pandemik virus Corona. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sektor edukasi di Indonesia ikut terdampak pandemik COVID-19. Bagi siswa-siswi SMA ini adalah tantangan berat yang harus mereka jalani, khususnya di saat harus menyiapkan diri ke jenjang perguruan tinggi.

Selain harus melakukan kegiatan pembelajaran di rumah tanpa tatap muka dengan guru, kini mereka kesulitan mendaftar di perguruan tinggi di tengah peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Beruntung, sejumlah universitas telah meluncurkan solusi pendaftaran kuliah instan lewat aplikasi mobile.

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah lulusan SMA dan SMK yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih di bawah 60% per tahunnya. Dikhawatirkan pandemik ini memicu penuruan jumlah mahasiswa baru di tahun ini di bandingkan 2019.

Kekhawatiran itu diakui Jaya Suteja, selaku Perwakilan Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Surabaya (Ubaya). Dia menjelaskan, akses perguruan tinggi untuk siswa-siswi yang diwajibkan tinggal di rumah menjadi kendala pendaftaran mereka ke kampus yang dituju.

Ada dua kendala yang dialami pelajar yang ingin mendaftar. “Pertama, kurangnya akses informasi dan konsultasi seputar perguruan tinggi yang diminati karena berhentinya acara sekolah, seperti pameran pendidikan. Kedua, sulitnya melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru. Apalagi di tengah PSBB, siswa kesulitan dalam mengirimkan raport secara langsung,” ungkapnya.

Padahal keberlangsungan jenjang pendidikan sangat krusial. “Penting bagi lulusan SMA atau sederajat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, sehingga generasi muda tetap meraih karier di masa depan yang lebih baik, sekalipun saat ini sedang dihadapkan dengan bencana nasional pandemik COVID-19,” timpak Gunardi Lie, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara.

Memahami kendala ini, Universitas Tarumanegara (Untar), Ubaya dan 150 kampus lainnya pun mengambil inisiatif mentransformasikan sistem pendaftarannya memakai aplikasi mobile goKampus yang lebih mudah dan nyaman bagi calon mahasiswa.

Melalui goKampus, calon mahasiswa baru dari Untar dan UBAYA bisa mendaftar, mengelola status kemahasiswaan, sampai berkesempatan mendapatkan dana pendidikan yang membantu meringankan biaya kuliah. Kemudahan yang dialami siswa pun mulai terasa. Contohnya, siswa cukup upload atau mengambil foto raport, lalu diverifikasi melalui sistem goKampus.

Siswa yang belum memiliki foto cetak 3x4 juga bisa mendaftar dengan menggunakan foto selfie di handphone. Semua hal ini dapat dilakukan secara instan lewat aplikasi mobile goKampus.

“Bagi penyelenggara perguruan tinggi, tahun 2020 adalah tahun yang unik, di mana universitas dituntut beradaptasi dan harus tetap menjamin kelangsungan pendidikannya di tengah pandemi COVID-19 yang mendunia,” ujar Gunardi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)