Qualcomm X65 Debut, Inilah Modem 5G 10Gbps Pertama di Dunia

Rabu, 10 Februari 2021 - 06:02 WIB
loading...
Qualcomm X65 Debut, Inilah Modem 5G 10Gbps Pertama di Dunia
Qualcomm merilis modem 5G generasi keempat, termasuk modem pertama di dunia yang menawarkan kecepatan nirkabel hingga 10Gbps. Foto/ist
A A A
CALIFORNIA - Qualcomm meluncurkan modem 5G generasi keempat, termasuk modem pertama di dunia yang menawarkan kecepatan nirkabel hingga 10Gbps. Modem yang dimaksud adalah X65 dan ada juga modem X62 dengan harga lebih terjangkau.

Modem didasarkan pada 3GPP Rilis 16, yang dicap sebagai "5G fase 2". Menariknya, Qualcomm mengumumkan arsitektur modem yang dapat diupgrade ini, itu berarti pembaruan perangkat lunak dapat mengaktifkan fitur 5G baru di masa mendatang -ini mirip dengan fitur GPU yang dapat diperbarui juga dari Qualcomm.

X65 menawarkan kecepatan unduh puncak hingga 10Gbps menggunakan bandwidth 1.000 MHz yang mengesankan. Sementara X62 berada di puncak pada 4,6Gbps dan 400 MHz -masih mendukung sub-6 dan mmWave.

Modem X65 dan X62 dirancang untuk bekerja dengan antena QTM545 mmWave yang baru. Ini dapat memancarkan daya yang lebih tinggi dari desain sebelumnya dan mendukung semua frekuensi mmWave global, termasuk band n259 (41 GHz) yang baru.
Qualcomm X65 Debut, Inilah Modem 5G 10Gbps Pertama di Dunia

GSM Arena menyebutkan, Qualcomm mengembangkan teknologi tuning antena AI "pertama di dunia". Teknologinya dapat mendeteksi genggaman tangan pengguna dengan lebih akurat (sebesar 30%), yang membantu meningkatkan kecepatan data, cakupan, dan umur baterai yang lama.

Untuk tujuan itu, ada juga 5G PowerSave 2.0, yang memanfaatkan fitur Rilis 16 seperti Sinyal Bangun Mode Tersambung. Pada dasarnya, ini memungkinkan modem untuk tidur lebih lama, bangun hanya jika diperlukan.

Hal ini mengurangi penggunaan daya sekitar 10%. Selain itu, Smart Transmit 2.0 memungkinkan kecepatan unggah yang lebih tinggi dan meningkatkan cakupan sambil tetap mematuhi peraturan emisi RF.

Qualcomm telah mengirimkan sampel X65 dan X62 ke produsen. Diharapkan, perangkat pertama dengan modem 5G baru akan keluar pada akhir 2021. Ini akan menuju ke smartphone, tentu saja, tetapi modem juga dapat digunakan dalam instalasi tetap, Qualcomm menyebutnya sebagai "fiber through the air".

“Kami mencapai tonggak penting dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, melepaskan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan dukungan untuk spesifikasi 5G terbaru yang akan memainkan peran penting dalam memungkinkan penggunaan 5G baru tidak hanya untuk smartphone premium yang telah didefinisikan ulang. pengalaman, tetapi juga membuka ranah baru kemungkinan untuk ekspansi 5G di seluruh broadband seluler, komputasi, XR, IoT industri, jaringan pribadi 5G, dan akses nirkabel tetap,” kata CEO Qualcomm, Cristiano Amon.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)